Segudang Manfaat Mengonsumsi Overnight Oats, Praktis dan Sehat

Segudang Manfaat Mengonsumsi Overnight Oats, Praktis dan Sehat

Overnight Oats-freepik-freepik

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Sesuai dengan julukannya, overnight oats adalah oat yang telah direndam semalaman dalam air, susu, atau yoghurt. Umumnya, sajian ini disimpan di dalam lemari pendingin sebelum dihidangkan di pagi hari. 

Overnight oats juga dapat disajikan dengan bahan pelengkap yang dapat memperkaya rasa, seperti buah-buahan, biji chia, kacang-kacangan, granola, dan masih banyak lagi. Bukan cuman praktis, overnight oat juga dapat menjadi sarapan siap saji yang langsung bisa dikonsumsi tanpa perlu repot-repot lagi. 

Tentunya akan ada perbedaan yang dapat dirasakan antara overnight oats dan sajian oat pada umumnya. Hal ini disebabkan proses perendaman selama semalaman dapat membuat pati di dalam gandum pecah dan menyerap lebih banyak nutrisi  Apalagi, teksturnya yang berubah menjadi lembek membuat oat ini akan lebih mudah untuk dikonsumsi.

Lantas, apa saja ya manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi overnight oats ini? Mengacu pada situs only my health, inilah manfaat overnights oat untuk kesehatan tubuh:

BACA JUGA:4 Zodiak Perempuan Paling Fashionable

BACA JUGA:4 Shio yang Punya Peluang Bagus dalam Keuangan dan Karir di Bulan November 2023

1. Mengendalikan Berat Badan

Oat sudah identik menjadi makanan sehat untuk diet. Begitu juga dengan overnight oats yang bisa membuat rasa kenyang lebih tahan lama karena kandungan seratnya yang tinggi. Mengutip dari situs Hindustan Times, diketahui bahwa kandungan pati resisten yang tinggi di dalam oat bisa meningkatkan pembakaran lemak. 

Komposisi beta-glukan di dalam oat juga dapat mencegah tubuh untuk makan berlebihan. Oleh karena itu, makanan ini bisa mengurangi jumlah asupan kalori setiap hari.

2. Menjaga Keseimbangan Kadar Gula Darah

Serat yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah di dalam oat bisa membantu tubuh untuk mengendalikan keseimbangan kadar gula darah. Karbohidrat kompleks yang ada pada oat bisa memperlambat penyerapan makanan saat diubah menjadi gula. Terlebih lagi, adanya kandungan beta-glukan juga dapat mencegah kenaikan kadar gula darah setelah makan.

3. Membantu Meringankan Sembelit

Selain sebagai makanan diet, oat juga dikenal memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Pasalnya, serat yang tidak larut pada oat akan membantu dalam melancarkan buang air besar dan mendukung penyerapan air. Oleh sebab itu, overnight oats dapat mencegah munculnya sembelit dan mengendalikan pergerakan usus agar tidak terganggu. 

4. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: