Sisihkan di Tempat Aman, Ini 5 Cara Siapkan Dana Darurat, Gunakan untuk Kebutuhan Keuangan Mendesak

Sisihkan di Tempat Aman, Ini 5 Cara Siapkan Dana Darurat, Gunakan untuk Kebutuhan Keuangan Mendesak

Tips siapkan dana darurat -Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ini 5 cara tepat siapkan dana darurat. Bisa digunakan untuk kebutuhan keuangan mendesak. Tapi ingat, harus disisihkan ditempat yang aman.

Dalam mengatur keuangan, ada beberapa cara yang harus dilakukan. Selain menabung untuk kebutuhan sehari hari atau kebutuhan yang akan datang, yang tidak kalah penting juga adalah menyiapkan keuangan untuk dana darurat. 

Dana ini bisa Anda gunakan nantinya pada saat adanya kebutuhan mendesak dimana Anda tidak bisa lagi menggunakan dana dari sumber lain.

Berikut 5 cara tepat siapkan dana darurat :

1. Buat Rencana Keuangan Sederhana

Tulis semua biaya bulanan Anda, seperti sewa, listrik, makanan, dan asuransi. Kemudian, alokasikan sebagian dari pendapatan Anda untuk menabung ke dana darurat. Usahakan untuk menyisihkan minimal 20% dari pendapatan Anda setiap bulan.

BACA JUGA:Pohon Besar yang Menjorok ke Badan Jalan Mengkhawatirkan Pengendara Jalan Lintas Jambi-Muarasabak

BACA JUGA:PetroChina Terus Bina Kolaborasi Dengan Pemerintah Daerah Demi Pembangunan Masyarakat di Jambi

2. Temukan Tempat yang Tepat untuk Menyimpan Dana Darurat Anda

Dana darurat sebaiknya disimpan di rekening yang mudah diakses saat Anda membutuhkannya. Anda bisa menggunakan rekening tabungan khusus dana darurat atau rekening simpanan biasa yang dapat Anda tarik uangnya dengan cepat.

3. Menabung dengan Konsisten

Agar dana darurat Anda bisa cukup cepat, penting untuk menabung secara teratur. Anda bisa mengatur transfer otomatis dari rekening gaji Anda ke rekening dana darurat. Ini akan membantu Anda tetap disiplin dan mencegah Anda menghabiskan uang untuk hal lain.

4. Tentukan Tujuan Anda

Mulailah dengan menentukan berapa banyak uang yang ingin Anda simpan untuk dana darurat. Cobalah untuk menargetkan jumlah yang cukup untuk membiayai hidup Anda selama tiga hingga enam bulan jika tidak ada pemasukan. Ini akan membantu Anda saat situasi darurat datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: