Jangan Boros Ya, Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Karyawan Gaji Rp 3 Juta

Jangan Boros Ya, Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Karyawan Gaji Rp 3 Juta

Tips mengatur keuangan karyawan gaji Rp 3 juta-Foto : ilustrasi-Net

 2. Hidup Hemat.

Hidup hemat bukan berarti pelit. Hidup hemat adalah membatasi pengeluaran yang tidak penting. Misalnya kamu punya kebiasaan suka ke mall beberapa kali dalam sebulan. Shopping, nongkrong di kafe, atau jajan tiap hari, yang kadang membuat pengeluaran bengkak.

Mulailah menghindari kebiasaan yang dapat mengganggu keuangan kamu. Apalagi jika keuangan kamu dalam kondisi sulit dan pas-pasan. Kebiasaan yang menghabiskan uang tersebut akan membuat kamu semakin sulit merencanakan keuangan. 

Mulailah mencari aktivitas produktif yang bisa menambah penghasilan. Kamu bisa memberi hadiah kepada diri kamu sendiri dengan berbelanja, atau refreshing setelah diri kamu melakukan hal positif yang produktif untuk keuangan. 

3. Cari Tambahan Penghasilan

Jika kondisi keuangan kamu pas-pasan, kurang, atau belum ada alokasi yang bisa kamu gunakan untuk menabung, maka mulailah mencari tambahan penghasilan.

BACA JUGA:Dosen STIKES Harapan Ibu Jambi Berikan Edukasi Kesehatan Kepada Pengrajin Batik

BACA JUGA:Usai Mutasi, Siapa yang Mengisi Posisi Kabag Ops dan Kasat Reskrim Polres Muaro Jambi? Ini Nama-namanya

Tambahan penghasilan ini bisa kamu lakukan secara freelance, bisa memanfaatkan teknologi dan internet sehingga bisa kamu lakukan secara freelance tanpa harus mengganggu aktivitas pekerjaan kamu. 

Ada banyak peluang penghasilan tambahan yang bisa kamu upayakan. Salah satunya dengan mengembangkan hobi, membuka layanan jasa, bergabung dengan bisnis orang lain, dan seterusnya. 

Setiap orang memiliki peluang dan potensi yang berbeda, kamu bisa mengoptimalkannya untuk meraih penghasilan tambahan.

4. Buat Rencana Pengeluaran Bulanan 

Langkah pertama kamu perlu membuat daftar pengeluaran bulanan yang menjadi prioritas. Pengeluaran wajib apa aja yang harus kamu keluarkan. Misalnya biaya cicilan atau sewa rumah, tagihan rutin, biaya makan, pendidikan anak, dan seterusnya. Catat yang benar-benar jadi kebutuhan.

Tujuan kamu membuat rencana pengeluaran bulanan ini adalah agar tidak ada pengeluaran-pengeluaran yang tidak prioritas. Hal-hal tak penting memang kadang jadi penyebab banyaknya pengeluaran.

BACA JUGA:Simak Nih! Ini Daftar Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: