Masyarakat Sekitar Hutan Gambut Sungai Buluh Bersiaga Jaga Kawasan dari Karhutla

Masyarakat Sekitar Hutan Gambut Sungai Buluh Bersiaga Jaga Kawasan dari Karhutla

Penguatan kapasitas kelembagaan dalam rangka mitigasi KARHUTLA di Landskap HLG Sungai Buluh Kabupaten Tanjung Jabung Timur Sabak, 25 - 26 September 2023-Ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Masyarakat di sekitar Hutan Gambut Sungai Buluh merapatkan barisan menjaga kawasan hutan dan lahan. Musim kemarau panjang membuat lahan Gambut rentan mengalami kebakaran. Terlebih HLG Sungai Buluh berada di sekitar kawasan Gambut budidaya, sehingga salah kelola sedikit bisa mengancam bahaya.

Masyarakat di Lanskap Sungai Buluh berjibaku menjaga kawasan mereka dari api. Antara pemukiman dan kebun hanya berjarak selemparan batu. Kalau-kalau lahan terbakar, api akan sangat mudah mencapai pemukiman penduduk.

Rumah-rumah yang rata-rata dibangun dari kayu akan sangat rentan. Karena itu, masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Peduli Api, Masyarakat Peduli Api (MPA), Desa Tanggap Bencana (Destana) secara mandiri melakukan patroli.

Pada akhir Agustus, terjadi kebakaran di kebun masyarakat di Desa Pematang Rahim. Kebakaran itu menghanguskan lebih kurang 3 hektar perkebunan salah seorang warga. Masyarakat Peduli Api langsung siap siaga memadamkan. 

BACA JUGA:Alhamdulillah! Kota Jambi Mulai Diguyur Hujan, Mudah-mudahan Asap Karhutla Segera Berlalu

BACA JUGA:Karhutla di Jambi Terus Meningkat, Pinto Jayanegara Minta Satgas Koordinasi dengan Pemerintah Pusat

“Di Desa Pematang Rahim terjadi kebakaran pada akhir Agustus lalu, kami langsung siap siaga memadamkan. Berjaga dua hari 3 malam memastikan api benar-benar mati,” kata Syamsudin relawan MPA Pematang Rahim.

Aksi tanggap dari relawan ini membuat api berhasil dikendalikan. Masyarakat bergerak secara swadaya dengan peralatan yang ada. Untuk meningkatkan kewaspadaan, Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi yang mendampingi desa di sekitar Sungai Buluh berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur mengadakan pelatihan untuk masyarakat untuk mitigasi kebakaran hutan dan lahan. 

Kegiatan itu berlangsung di Muara Sabak diikuti oleh sebanyak 48 perwakilan masyarakat di Desa Sungai Beras, Pematang Rahim, Sinar Wajo, Pandan Lagam dan relawan Destana Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Melibatkan narasumber dari BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Timur, DANDIM 0419, Manggala Agni Bukit Tempurung, Damkar Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Dinas Kesehatan Tanjung Jabung Timur, dan Tim Reaksi Cepat BPBD.

Pelatihan ini mencakup pemahaman penyebab kebakaran hutan dan lahan, upaya mitigasi yang harus dilakukan saat terjadi kebakaran hutan, tata cara penggunaan alat pemadam api. Serta pedoman keselamatan bagi masyarakat yang bertugas memadamkan api

BACA JUGA:Himbau Masyarakat Gunakan Masker, Ketua DPRD Jambi Minta Dinkes Kolaborasi Soal Treatmen Kesehatan Masyarakat

BACA JUGA:6 Zodiak Perempuan yang Paling Mungkin Menjadi Bos Galak

Pada kesempatan tersebut masyarakat juga menyampaikan kendala yang dihadapi di lapangan. Diantaranya keterbatasan alat yang ada di desa. Pun skema pelaporan yang harus ditempuh masyarakat apabila menemukan tindakan pembakaran lahan.

Selain itu, keberadaan sumur bor sebagai cadangan air ketika ada mitigasi kebakaran juga mengalami kendala. Di Desa Padan  Lagam banyak sumur yang membutuhkan perbaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: