Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Jambi

Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Jambi

Penyuluhan kegiatan dari Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Jambi -ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Jambi melakukan kegiatan pengabdian yang berjudul “Pelatihan dan Pembuatan Demplot Agroforestri Berbasis Kebun Jeruk Pada Desa Jujun Kabupaten Kerinci”. 

Kegiatan ini dilandasi beberapa penilaian tim pengabdian yang menilai bahwa masih banyak lahan di kebun jeruk masyarakat Desa Jujun yang belum dimanfaatkan secara optimal dimana masyarakat hanya menggunakan pola tanam satu jenis yaitu tanaman jeruk. 

Selain itu, kemandirian ekonomi dengan kontinuitas pendapatan dengan keberadaan lahan yang ada juga menjadi latar belakang mengapa kegiatan pengabdian ini dilakukan.

Tidak hanya itu saja, kegiatan ini juga dilandaskan harapan akan munculnya konsep “Lestari (L)” yang merupakan penjabaran dari lestari dalam menjaga ekosistem penunjang lingkungan biotik dan abiotik serta lestari dalam konteks pendapatan rumah tangga.

BACA JUGA:Ada Loker Nih! BPS Buka Lowongan untuk 347 Formasi PPPK 2023, Gaji Mulai Rp6,1 Juta

BACA JUGA:Cek, Ini Simulasi dan Syarat Pinjaman KUR BRI 2023 Cair Rp10 Juta, Angsuran Hanya Rp800 Ribu

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Desa Jujun Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci ini dijalankan oleh Dr Eva Achmad, SHut, MSc., IPM selaku ketua tim pengabdian.

Lalu Ir Fazriyas, MSi, IPU, Ir Rike Puspitasari Tamin, SHut, MSi, IPM, Maria Ulfa, SHut, MSi serta Jauhar Khabibi, SHut, MSi selaku anggota tim pengabdian.

Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa dan mahasiswi dari Program Studi Kehutanan Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Jambi melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebanyak tujuh orang. 

Kegiatan ini tentunya telah mendapatkan persetujuan dari Kepala Desa Jujun, Bodi Sapriadi.

BACA JUGA:Perkuat Pendidikan Vokasi, Honda Sinsen Gelar Sarasehan bersama 22 SMK TBSM Astra Honda

BACA JUGA:Terlempar dari 10 Besar, Ini Daftar Atlet Indonesia Peraih Medali Asian Games 2022/2023 Hari ke-11

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: