Besok, Puluhan Koperasi di Muaro Jambi Terima NIK dari Kementerian Koperasi dan UKM

Besok, Puluhan Koperasi di Muaro Jambi Terima NIK dari Kementerian Koperasi dan UKM

Irwanto Kabid Koperasi dan UMKM Muaro Jambi-Foto : Junaidi-Jambi-independent.co.id

MUARO JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UMKM Kabupaten MUARO JAMBI, besok akan menggelar acara Peringatan Hari Koperasi Nasional ke 76. 

Pantauan di lapangan, puluhan papan ucapan bertebaran di sepanjang jalan utama menuju komplek perkantoran bukit Cinto Kenang Sengeti. 

Kabid Koperasi dan UMKM yang juga sebagai Ketua Dewan Koperasi Pimpinan Daerah (Dekopimda) Muaro Jambi Irwanto, SE saat ditemui awak media mengatakan, acara puncak Harkopnas ke 76 akan di laksanakan pada Selasa, 5 September 2023 besok. 

Dalam kegiatan tersebut, nantinya sebanyak 100 sertifikat hak atas tanah, akan diberikan kepada para UMKM, hasil kerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Muaro Jambi.

BACA JUGA:Kebakaran Lahan Terjadi di Sungai Itik Tanjab Timur, Pemadaman Gunakan Water Bombing

BACA JUGA:Sulit untuk Setia, Ini 3 Shio Suka Berpindah ke Lain Hati, Patut Waspada Nih

"Dengan adanya sertifikat tersebut, para Pelaku UMKM yang ingin menambah modal usahanya, bisa di agun kan ke Bank," ucapnya.

Selain penyerahan sertifikat bagi para Pelaku UMKM, juga ada penyerahan NIK bagi 30 Koperasi berprestasi yang langsung ditandatangani oleh Kepala Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

"Nomor Induk Koperasi atau NIK salah satu legalitas yang Wajib dimiliki oleh suatu Koperasi. Manfaatnya diantaranya, memberikan kepastian informasi status Legalitas Usaha dan Peningkatan kepercayaan dari pihak lain yang ingin bermitra," ujarnya. 

Selain pemberian Sertifikat dan NIK, Diskoperindag dan UMKM Muaro Jambi akan menyerahkan 10 Gerobak Kontainer untuk UMKM yang berada di lokasi Wisata, seperti UMKM yang Berada di Kawasan Candi Muaro Jambi, Danau Tangkas, Tangkit dan Pijoan.

BACA JUGA:Kebun Sawit di Mestong Terbakar, Kapolsek Panggil Pemilik Lahan

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih! Ini Daftar 102 Pinjol Resmi OJK, Aman dan Gak Ribet, Limit Hingga Rp25 Juta

"Kalau semuanya ada 90 Gerobak Kontainer, namun yang diserahkan besok baru launching 10 buah. Kita simbolis saja dulu, sisanya akan menyusul. Dengan tujuan untuk meningkatkan produksi dan pendapatan bagi pelaku UMKM," sebutnya. 

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Diskoperindag dan UMKM Irwanto, SE juga menyebutkan, Koperasi di Muaro Jambi berjumlah 385 Koperasi, namun yang masih aktif hanya 146 Koperasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: