Jarak Pandang di Kota Jambi Turun Hingga 4.500 Meter, Akibat Karhutla?

Jarak Pandang di Kota Jambi Turun Hingga 4.500 Meter, Akibat Karhutla?

Ilustrasi kabut. Hari Minggu tanggal 3 September 2023, jarak pandang di Kota Jambi hanya 4.500 meter.-ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

KOTA JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.IDKota Jambi menghadapi tantangan serius dalam hal jarak pandang pada hari Minggu tanggal 3 September 2023.

Menurut Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jambi, Nabila, jarak pandang Kota Jambi hari itu hanya mencapai 4.500 meter.

Hal ini kata dia, jauh di bawah kondisi normal  yang biasanya mencapai 10.000 meter.

Meskipun cuaca di Kota Jambi terlihat cerah dan berawan pada hari Minggu tersebut, udara kabur menjadi penyebab utama penurunan drastis ini.

BACA JUGA:7 Shio yang Menjadi Kebanggaan Keluarga, Pribadi dan Sikapnya Sangat Baik

BACA JUGA:10 Cara Menghadapi Debt Collector Saat Menagih Galbay Pinjol

Nabila menjelaskan bahwa salah satu faktor penyebab utama udara kabur adalah kondisi atmosfer yang stabil.

Panas bumi yang biasanya naik ke atmosfer di pagi hari tidak bisa lepas, sehingga menyebabkan partikel udara berkerumun di sekitar permukaan bumi, menciptakan efek kabut.

Nabila menjelaskan, "Kondisi ini berbeda dengan musim hujan, di mana atmosfer cenderung lebih labil, sehingga udara di permukaan bumi lebih mudah terangkat ke atas dan jarak pandang menjadi lebih baik."

Meskipun jarak pandang mengalami penurunan yang signifikan, BMKG telah memastikan bahwa situasi ini belum mempengaruhi operasional penerbangan di Kota Jambi.

BACA JUGA:6 Zodiak yang Mudah Merasa Kasihan melihat Orang Lain Susah

BACA JUGA:Viral Emak Emak Keluhkan Layanan Perumda Tirta Muaro Jambi, 2 Minggu Air Tak Mengalir

Tidak ada laporan gangguan penerbangan yang disampaikan oleh pihak bandara setempat.

Nabila juga mencatat bahwa musim kemarau diperkirakan akan berlanjut hingga Oktober, dengan puncak kemarau terjadi pada Agustus dan September.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: