Cegah Penularan TBC, Lapas Bungo Gelar Skirining Bagi Ratusan Warga Binaan

Cegah Penularan TBC, Lapas Bungo Gelar Skirining Bagi Ratusan Warga Binaan

Skrining TBC, Ratusan Warga Binaan Lapas Bungo Jalani Pemeriksaan --

MUARA BUNGO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID -Dalam rangka kerja sama kementerian Hukum dan HAM dan kementerian kesehatan target Sebanyak 450 orang warga binaan selama tiga hari pada Rabu 23 Agustus 2023 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Muara Bungo menjalani pemeriksaan atau skrining penyakit tuberculosis (TBC).

Kegiatan yang bertujuan supaya untuk mendeteksi dini penularan virus TBC di kalangan warga binaan Lapas Bungo tersebut digelar bersama Dinas Kesehatan Bungo melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Muara Bungo.

“Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan sebagai langkah deteksi dini TBC demi menciptakan bebas TBC pada warga binaan,” kata Kepala Lapas Klas IIB Muara Bungo, Ismail kepada Jambi independent, di Ruang kerjanya, Rabu 23 Agustus 2023.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan tersebut, menurut dia, tidak ada ditemukan warga binaan di Lapas tersebut yang tertular penyakit TBC.

BACA JUGA:Tulus Banget, Ini 5 Zodiak Bisa Jadi Sahabat Terbaik, Menolong dengan Sepenuh Hati

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Ini Jadwal Pemilihan Rektor UNJA 2024-2028

Sebagaimana diketahui, tuberkulosis bukan penyakit keturunan tetapi masalah kesehatan yang ditularkan dari satu orang ke orang lainnya.

Bakteri Mycobacterium tuberculosis menyerang organ pernapasan, seperti paru-paru, organ vital lain misalnya otak, tulang, kulit kelenjar getah bening, bahkan organ-organ lain.

Ismail menambahkan upaya pengecekan penyakit TBC dimaksudkan untuk mengetahui apakah kondisi kesehatan warga binaan di Lapas Bungo bebas dari penyakit TBC maupun penyakit menular lainnya,

Kalapas Bungo berpesan kepada warga lakukan gaya Hidup bersih dan pola hidup bersih dan meludah sembarang tempat karena penularan TBC melalui air ludah.

BACA JUGA:Dinkes Kerinci Catat 10 Kasus Pasien Gigitan Hewan Liar sejak Januari hingga Agustus 2023

BACA JUGA:Arti Mimpi Memotong Rambut Diri Sendiri, Akan ada Perubahan yang Baik

Pihaknya berharap kegiatan deteksi dini kesehatan bagi warga binaan bisa mencegah kemungkinan terjadinya penularan wabah penyakit di tengah Lapas Bungo.

“Kesehatan warga binaan di Lapas Bungo ini selalu menjadi perhatian dan tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: