Diduga Buang Limbah ke Sungai, Ini Penjelasan PKS Bunut

Diduga Buang Limbah ke Sungai, Ini Penjelasan PKS Bunut

Tim saat melakukan pengecekan ke lokasi sungai yang diduga tercemar-Foto : dok PKS Bunut-Jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Bunut  yang berada di Desa Markanding Kecamatan Bahar Utara Kabupaten Muaro buka suara terkait adanya dugaan pihaknya sengaja membuang limbah ke Sungai.

Menurut Hidayat, Manager PKS Bunut  bahwa  rembesan air kolam tadah sudah diperbaiki dengan rapi oleh pihak PKS. Meskipun bukan merupakan aliran limbah.

Sementara kanal ini sendiri telah ditutup rapi dengan mempergunakan alat berat eksaparor. "Sehingga kanal dalam kondisi kering tanpa ada air yang mengalir lagi, ungkap Manager.

Sebelumnya, pada  Kamis, 10 Agustus 2023 pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Muaro Jambi menurunkan personil untuk check kebenaran informasi. Mereka turun bersama beberapa media dan lembaga.

BACA JUGA:Loker Remote untuk Lulusan Komunikasi Terbaru Agustus 2023, Ini Syarat dan Ketentuan yang DIbutuhkan

BACA JUGA:Ternyata! Inilah Asal Usul Bantal Guling di Indonesia, Mengungkap Jejak Sejarah yang Menarik

Hendra, mewakili dari tim DLH Muaro Jambi mengatakan bahwa pihaknya sudah mengecek ke lapangan. Hasilnya tim mengaku tidak menemukan kebenaran dari informasi tersebut.

Hanya saja memang ditemukan tim air kanal yang bermuara ke sungai berwarna hitam, tapi bukan bersumber dari kolam limbah PKS. 

"Akan tetapi, bersumber dari kolam tadah hujan yang dipenuhi rumput rumput yang membusuk ditambah lagi dipenuhi abu boiler PKS yang terbang tertiup angin ke arah kolam, ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Hamdi Zakaria dari Tim Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, yang kebetulan ikut turun bersama tim DLH Kabupaten Muaro Jambi.

Menurut Hamdi Zakaria, air kanal memang berwarna hitam, akan tetapi bau air ini tidak berbau limbah PKS. Melainkan bauk rerumputan mati terendam lama didalam air.

BACA JUGA:5 Zodiak Perempuan dengan Garis Tangan Bagus, Hidup Enak dan Disenangi Banyak Orang

BACA JUGA:Operasi Jaran Siginjai 2023, Tim Resmob Ditreskrimum Polda Jambi Amankan 3 Diduga Pencuri Motor

Sementara temuan tim kami, PKS ini memiliki len aplikasi yang berjarak ratusan meter dari kanal, begitu juga dengan 12 kolam limbah PKS. Berjarak sekira seratusan meter dari kanal, dihalangi lagi dengan kolam pengaman di sekeliling kolam limbah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: