Karhutla di Betara Tanjab Barat, Water Boombing Diterjunkan

Karhutla di Betara Tanjab Barat, Water Boombing Diterjunkan

Karhutla di Betara Tanjab Barat-Ist/jambi-independent.co.id-

KUALATUNGKAL, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Belum sepekan Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Tanjab Barat, kali ini kobaran api meratakan kawasan hutan di Desa Lubuk Terentang, Kecamatan Betara, Kamis, 10 Agustus 2023 sekira pukul 13.00 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanjab Barat, Zulfikri membenarkan peristiwa kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Desa Lubuk Terentang, dengan titik koordinat S : -1.12248° E : 103.37970°

"Tim gabungan yang terdiri dari Manggala Agni Daops Sum-XI/Bukit Tempurung, BPBD Tanjab Barat PetroChina, TNI/Polr, MPA, PT.WKS dan masyarakat sekitar turut melakukan pemadaman," ujarnya.

Lebih lanjut, Zulfikri menyebut bahwa wilayah tersebut merupakan vegetasi semak belukar dan sawit dengan jenis tanah bergambut serta hutan Areal Penggunaan Lain (APL).

BACA JUGA:Karhutla di Betara Tanjab Barat, Water Boombing Diterjunkan 

BACA JUGA:Lisa BLACKPINK Terlibat Rumor Kencan Baru Dengan Frederic Arnault

Menurutnya tim gabungan melakukan pemadaman jalur darat dan udara.

"Tim melakukan upaya proses pemadaman darat menggunakan Mobil Angkut, Pompa Mekanis, Peralatan Tangan dan APD, kemudian pemadaman jalur udara dengan menurunkan Helikopter Water boombing milik PT WKS,” tukasnya.

Belum diketahui penyebab munculnya api tersebut dan pelaku pembakaran hutan dan lahan ini, menurut sumber yang berada di lapangan luasan lahan yang terbakar itu diperkirakan sekitar 5 hektar. 

Hingga saat ini api berhasil dipadamkan dan tengah dilakukan pendinginan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: