Turut Berduka Pengemudi Perahu Meninggal Tenggelam, Festival Gong Sitimang Tidak Diselesaikan Hingga Akhir

Turut Berduka Pengemudi Perahu Meninggal Tenggelam, Festival Gong Sitimang Tidak Diselesaikan Hingga Akhir

Festival Gong Sitimang Tidak Diselesaikan Hingga Akhir-Ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Festival Gong Sitimang resmi diakhiri tidak sesuai direncanakan awal pada 4 hingga 6 Agustus 2023 di kawasan Danau Sipin, tepatnya Rest Area atau Lokasi Panjat Tebing, Kota Jambi.

Festival Gong Sitimang memiliki 4 kegiatan besar yaitu: Bersih-bersih Danau Sipin, Lomba Umbul-umbul, Bazar UMKM dan Pergelaran Teater secara kolosal. 

Selain itu, juga terdapat kegiatan lain, yaitu: Lomba mewarnai, Pembacaan Dongeng, Lomba Masak bertema Ikan, pemutaran Film pendek.

Suluk Bambu dan Ruwatan Bumi diagendakan pada malam puncak Festival Gong Sitimang, tepatnya 6 Agustus 2023 Pukul 19.30 wib di Panggung Apung Danau Sipin, Kota Jambi. 

BACA JUGA:4 Zodiak yang Gak Takut Miskin karena Strategi Keuangannya Mantap

BACA JUGA:6 Zodiak Perempuan dengan Aura Feminim yang Tak Tertandingi

Sementara itu, ada juga rangkaian Ekspedisi Batanghari yang salah satu tujuannya adalah kota Jambi, karena momen bersamaan maka tim Ekspedisi Batanghari bersandar di Festival Gong Sitimang pada tanggal 4 Agustus 2023.

"Rangkaian kami berbeda, tim kami berbeda karena momen bersamaan untuk perjalanan Ekspedisi Batanghari dari Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat yang berakhir di Kabupaten Tanjab Barat dan melewati kota Jambi, maka bersandar di Festival Gong Sitimang. Agenda kami di pagi itu hanya Gerakan Peduli Danau Sipin, barulah pada sore harinya Pembacaan Dongeng dan Edukasi tentang penyelamatan diri dari resiko kebakaran diakhiri malam harinya pemutaran film pendek," Urai Didin Siroz, selaku Direktur Festival Gong Sitimang, Sabtu 5 Agustus 2023.

Didin Siroz dalam penjelasannya, tidak mengetahui kronologi insiden pengemudi perahu ketek, karena tidak mengikuti rangkaian Ekspedisi Batanghari.

"Saya tidak mengetahui bahkan seluruh Tim kerja Festival Gong Sitimang, sebab kami meneruskan persiapan untuk agenda pukul 16.00, termasuk pemutaran film pendek, juga pameran dan bazaar UMKM yang berlangsung sejak pagi," tutur Didin Siroz.

BACA JUGA:Kepolisian Hentikan Festival Swarnabumi, Pasca Pengemudi Perahu Wakil Wali Kota Jambi Meninggal Dunia

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Perahu yang Ditumpangi Wakil Wali Kota Jambi Maulana Karam, Pengemudi Perahu Meninggal

Terjadinya insiden tersebut, disepakati seluruh tim kerja sebagai bentuk rasa duka yang mendalam pada keluarga korban maka sejak Jumat 4 Agustus 2023 sore telah dihentikan.

"Kami merasakan duka yang mendalam, walaupun dengan rangkaian berbeda. Tetapi rasanya sangat tidak etis dan tidak berempati kalau festival gong sitimang diteruskan di lokasi Danau Sipin di masa berkabung. Dan kami juga telah mendapatkan instruksi agar menghentikan sementara dari pihak kepolisian, di sore harinya arahan pak Kapolresta agar tidak ada materi yang menggelegar. Namun kami memang sudah sepakat, langsung membahas peristiwa dan sepakat menghentikan sebagai bentuk simpati dan empati," ungkap Didin Siroz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: