Swarnabumi di Lubuk Guci Emas Desa Muaro Pijoan Berlangsung Meriah

Swarnabumi di Lubuk Guci Emas Desa Muaro Pijoan Berlangsung Meriah

Swarnabumi di Lubuk Guci Emas Desa Muaro Pijoan Berlangsung Meriah--

Pj Bupati Muaro Jambi mengatakan, Bebiduk Besamo ini nantinya akan diselenggarakan selama dua hari yaitu pada tanggal 2 sampai 3 Agustus mendatang.

Di hari pertama ada kegiatan ekspedisi batanghari yang bakal diadakan di Desa Muaro Pijoan Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi. 

BACA JUGA:WOW! Taylor Swift Berikan Bonus Miliaran ke Sejumlah Crew yang Bekerja di Konser Eras Tournya 

BACA JUGA:Pembangunan Stockpile Batu Bara oleh PT SAS Bahayakan Intake PDAM, Pemkot Jambi Belum Mau Beri Izin

Kegiatannya bersifat aktifitas terhadap lingkungan seperti, susur sungai, penanaman bibit pohon, pelepasan benih ikan, seminar pengelolaan lingkungan dan sebagainya. 

Dihari kedua nantinya akan ada kegiatan festival objek pemajuan kebudayaan yang akan diselenggarakan di Lubuk Penyengat Desa Baru Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi.

Kegiatannya seperti, zikir burdah, betutur, tari lukah gilo, drama kolosal yang berjudul "Dam Rajo" dan lain sebagainya. 

"Kenduri Swarnabhumi tahun 2023 ini merupakan kelanjutan dari program kenduri Swarnabhumi tahun 2022 lalu, yang bertujuan untuk menelusuri kembali jejak peradaban dari masa lalu dan sejarah peradaban kerajaan melayu di Daerah Aliran Sungai (DAS) batanghari, dan juga melalui festival Bebiduk Besamo ini kita sama sama sepakat untuk merawat dan menjaga sungai batanghari lebih baik lagi," tukasnya.

BACA JUGA:Soal Pengajuan Cagar Budaya di Suak Kandis, Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah: Hari Ini Saya Teken 

BACA JUGA:Mitsubishi Motors Tampilkan Desain Exterior Model The New SUV

Kepala Desa Muaro Pijoan Yuhyandi dalam sambutannya menyampaikan dengan kegiatan ini masyarakat pijoan berharap wisata lubuk guci emas menjadi emasnya desa Muaro Pijoan. 

"Tentunya, harapan itu akan terwujud apabila ada Polesan dari Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten serta para anggota dewan," ucapnya. 

Pemerintah Desa Muaro Pijoan, Kata dia, telah menjadikan Sungai Muaro Pijoan sebagai lubuk larangan. 

"Kawasan ini, kami jadikan sebagai lubuk larangan, karna didalamnya ada kawasan konservasi serta untuk menjaga kelestarian ikan yang ada didalamnya," ujarnya.

BACA JUGA:Terungkap! Ini Salah Satu Shio yang Paling Dekat dengan Dewa Rezeki, Auto Untung Terus 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: