Antisipasi Karhutla, Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Larang Stakeholder Buka Lahan dengan Cara Membakar

Antisipasi Karhutla, Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Larang Stakeholder Buka Lahan dengan Cara Membakar

Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Larang Stakeholder Buka Lahan dengan Cara Membakar -Ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Penjabat Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah didampingi Kapolres Muaro Jambi AKBP Muharman Arta dan Kepala BPBD Kabupaten Muaro Jambi, Plt Alias menghadiri undangan Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi Tahun 2023 di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa 18 Juli 2023 malam.

Rapat Koordinasi Khusus Penanganan Karhutla bersama Gubernur Jambi, dihadiri oleh BNPB RI, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Danrem 042/Garuda Putih Jambi, Kapolda Jambi, BPBD Provinsi Jambi dan para Bupati dan Walikota Se-provinsi Jambi, serta para Kapolres Polda Jambi.

Penjabat Bupati Bachyuni Deliansyah, yang juga sebagai Kepala BNPB Provinsi Jambi kepada awak media mengatakan akan menindaklanjuti arahan Gubernur Jambi yang telah disampaikan dalam pertemuan Rakor Karhutla tersebut.

Bachyuni menegaskan pada semua pihak dan stakeholder jangan lengah dan perlu sedini mungkin untuk melakukan antisipasi dan langkah langkah upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Negeri Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, Khususnya di Bumi Sailun Salimbai Muaro Jambi.

BACA JUGA:Rakor Karhutla Bersama BNPB, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto: Utamakan Pencegahan

BACA JUGA:Wow! Inilah Shio yang Paling Jujur dan Apa Adanya, Tak Mau Menutupi Apapun

“Saya mengimbau dan mengajak kepada masyarakat, Camat, Kepala Desa dan para perusahaan yang begerak diperkebunan semuanya ikut bersama-sama siap siaga antisipasi Karhutla, dengan harapan di daerah kita itu jangan sampai terjadi Karhutla lagi,” harap Pj Bupati Muaro Jambi juga sebagai Kepala BNPB  Provinsi Jambi.

Lanjutnya, ia mengimbau kembali kepada masyarakat dan perusahaan jika membuka lahan untuk berkebun ikuti aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, terutama jangan membuka kebun atau lahan dengan cara membakar.

“Saya minta tolong kepada masyarakat khususnya Kabupaten Muaro Jambi jangan membuka lahan dengan cara membakar, seluas apapun tidak boleh dengan cara membakar. Pak Gebernur tadi juga berpesan, agar masyarakat berperan aktif untuk mencegah terjadinya Karhutla didaerahnya masing-masing, jangan sampai ada yang melanggar, karena ada sanksi hukumnya,” ujarnya.

Rakor Karhutla tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB Republik Indonesia RI Mayjen TNI Suharyanto, dan dipandu oleh Gubernur Jambi, Al Haris, sebagai Moderator Rakor Karhutla Provinsi Jambi.

BACA JUGA:Sebulan Terakhir, Ada 490 Hotspot Karhutla di Provinsi Jambi: Tanjab Barat Terbanyak, Ini Pesan Kepala BNPB

BACA JUGA:Sukses Terus, Ini 5 Shio Beruntung Miliki Bisnis Lancar, Gak ada Bangkrut Bangkrutnya Deh ..

Dalam arahannya, Kepala BNPB menyampaikan agar melakukan Apel Kesiapsiagaan secara rutin.

“Karhutla menjadi atensi langsung Presiden, Jangan lengah. Bentuk Satgas, dan lakukan patroli secara rutin,” tutur Mayjen TNI Suharyanto.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: