Selama Januari hingga Juni 2023, 13 Hotspot Terdeteksi di Kabupaten Bungo

Selama Januari hingga Juni 2023, 13 Hotspot Terdeteksi di Kabupaten Bungo

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kesbangpol Kabupaten Bungo, Zainadi sebut ada 13 Hotspot Terdeteksi di Kabupaten Bungo -Siti Halimah/jambi-independent.co.id-

MUARABUNGO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kesbangpol Kabupaten Bungo, Zainadi, mengungkapkan bahwa sejak Januari hingga awal Juni 2023, tercatat ada 13 titik api atau hotspot yang muncul di Kabupaten Bungo

"Dari yang terakhir saya lihat, ada 13 hotspot di Kabupaten Bungo sejak Januari, dengan jumlah titik api hingga Juni 2023,” ungkap Zainadi, saat dijumpai druanganya pada Kamis 6 Juli 2023.

Di antaranya, lanjut Zainadi terdapat 5 titik di Kecamatan Jujuhan Ilir, 5 titik di Kecamatan Pelepat, 2 titik di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, dan 1 titik di Kecamatan Tanah Tumbuh.

Zainadi berharap agar kasus-kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Bungo tahun ini tidak sebanyak pada tahun lalu. 

BACA JUGA:Siap-siap! 2 Bansos Kemensos Segera Cair, Cukup Bawa KTP dan KK, Dapat Bansos Selama 3 Bulan

BACA JUGA:Lampaui Target Laba Tahun 2022, PLN Nusantara Power Terus Perkuat Co-Investment

Ia berharap agar Kabupaten Bungo dapat terbebas dari karhutla.

Terkait hal itu, pihaknya pun telah melakukan berbagai upaya pencegahan.

"Dalam upaya pencegahan karhutla, BPBD Kabupaten Bungo telah meminta kepada masyarakat agar berhati-hati dan tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan,” ujarnya. 

“Selain itu, kami juga menghimbau kepada perusahaan agar melatih karyawan mereka mengenai cara pemadaman jika terjadi kebakaran di perusahaan atau di sekitar perusahaan tersebut," tambah Zainadi.

BACA JUGA:Polres Bungo Tangkap Perempuan Tersangka Kasus TPPO di Kamar Kost

BACA JUGA:Pj Bupati Muaro Jambi Harap Guru Penggerak Jadi Agen Perubahan Bawa Transformasi Pendidikan Lebih Baik

BPBD Kesbangpol Kabupaten Bungo juga akan melakukan beberapa upaya dalam penanggulangan karhutla. 

Salah satunya adalah membuat spanduk atau banner dan menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan, mengingat dampak kebakaran hutan tersebut terhadap kesehatan dan penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: