Kurangi Dampak Buruk Perubahan Iklim, BPBD Bungo Himbau Warga Siap Hadapi Cuaca yang Sering Berubah- ubah

Kurangi Dampak Buruk Perubahan Iklim, BPBD Bungo Himbau Warga Siap Hadapi  Cuaca yang Sering Berubah- ubah

Kondisi cuaca di Kabupaten Bungo yang kerap berubah ubah-Foto : Siti Halimah-Jambi-independent.co.id

MUARA BUNGO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Senin pagi, 19 Juni 2023,  Kabupaten Bungo akhirnya mendapatkan hujan setelah beberapa hari mengalami musim kemarau yang panjang. 

Hujan gerimis dengan intensitas rendah dan sedang turun di beberapa titik di Kota Muara Bungo antara pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. 

Berdasarkan pantauan jambi-independent.co.id, kondisi cuaca di sekitar Kabupaten Bungo sebelumnya didominasi oleh langit yang agak mendung. 

Suhu udara di wilayah ini berkisar antara 24 hingga 36 derajat Celsius. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi telah mengumumkan bahwa Kabupaten Bungo telah memasuki musim kemarau.

BACA JUGA:Wilayah Tanjab Timur Dikepung Hujan Deras, Jalan Buruk dan Genangan Air Hambat Aktivitas Warga

BACA JUGA:WASPADA.!! Ini Titik Lokasi Rawan Banjir dan Longsor Selama Musim Hujan di Merangin

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bungo, Zainadi, saat dihubungi untuk konfirmasi mengatakan bahwa memang hujan gerimis terjadi hari ini, namun tidak begitu deras. Saat ini, situasi bencana banjir di Kabupaten Bungo tidak ada

Kehadiran hujan ini memberikan nafas lega bagi masyarakat Kabupaten Bungo yang telah menghadapi Suhu panas tinggi selama beberapa hari dan air sungai cendrung menyusut.

Meskipun hujan hari ini hanya bersifat gerimis dengan intensitas rendah, tetap diharapkan agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana banjir. 

BPBD dan pemerintah setempat terus memantau situasi cuaca dan bencana alam di Kabupaten Bungo. Upaya dan persiapan dalam menghadapi kemungkinan banjir juga telah dilakukan.

BACA JUGA:Ada yang Kenal? 3 Orang Ini Ditangkap Jajaran Polres Tebo, Ada yang Residivis

BACA JUGA:Pemkab Tebo Gelar Rakor Atasi Inflasi Bersama Kemendagri Jelang Lebaran Idul Adha

Untuk kedepan nya , perlu adanya upaya pengelolaan air yang lebih baik serta pemanfaatan sumber daya air yang berkelanjutan agar masyarakat Kabupaten Bungo dapat menghadapi musim kemarau dengan lebih baik.

 Selain itu, kesadaran akan pentingnya konservasi air juga harus ditingkatkan agar sumber daya air tetap terjaga dan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: