Bupati Bungo Berkomitmen Atasi Masalah Ketahanan Pangan di Dusun Rawan Pangan

Bupati Bungo Berkomitmen Atasi Masalah Ketahanan Pangan di Dusun Rawan Pangan

Bupati Bungo H. Mashuri-Foto : Siti Halimah-Jambi-independent.co.id

MUARA BUNGO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kabupaten Bungo masih dihadapkan pada masalah ketahanan pangan di beberapa dusun yang terkategori rawan pangan. 

Menurut data terbaru yang dirilis oleh Pemerintah Daerah, terdapat 11 Dusun Rawan Pangan Prioritas II dan 24 Dusun Rawan Pangan Prioritas III di Kabupaten Bungo.

Bupati Bungo H Mashuri mengungkapkan kekhawatiran akan situasi ini. "Kita tentu prihatin bahwa saat ini masih terdapat beberapa dusun yang terkategori rawan pangan di Kabupaten Bungo. 

Berdasarkan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan Kabupaten Bungo Tahun 2022, terdapat 11 Dusun Rawan Pangan Prioritas II, 24 Dusun Rawan Pangan Prioritas III, dan tidak terdapat Dusun Rawan Pangan Prioritas I di Kabupaten Bungo," kata Bupati.

Untuk mengatasi masalah ini, Bupati Bungo meminta kepada Pemerintah Dusun dan Badan Permusyawaratan Dusun (BPD) Kabupaten Bungo agar mengalokasikan Dana Desa (DD) yang memadai untuk ketahanan pangan dan hewani. 

Selain itu, Bupati Bungo juga menekankan pentingnya pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam tanaman pangan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga masyarakat.

Dalam upaya mengawasi pengalokasian Dana Desa (DD) untuk ketahanan pangan dan hewani, Bupati juga meminta kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Dusun (PMD) Kabupaten Bungo serta para Camat di wilayah tersebut untuk melakukan pembinaan dan pengawasan secara intensif.

Bupati Bungo H Mashuri juga memberikan kabar baik terkait perkembangan ekonomi di Kabupaten Bungo. Selama empat bulan pertama tahun 2023, ekonomi kabupaten tersebut menunjukkan stabilitas yang baik. Meskipun pada bulan April 2023 terjadi inflasi sebesar 0,27%, angka tersebut masih tergolong rendah dan dapat dianggap positif. 

Bupati berharap angka inflasi yang rendah ini dapat memotivasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bungo untuk terus bekerja keras dalam mengendalikan inflasi. 

Masalah ketahanan pangan merupakan hal yang serius dan harus segera ditangani. 

Dengan komitmen dan langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Bungo, diharapkan situasi ketahanan pangan di dusun-dusun rawan pangan dapat segera membaik dan masyarakat bisa tercukupi kebutuhan pangan mereka. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: