Punya Penyakit Ginjal Kronis? Ini 8 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Penyakit Ginjal

Punya Penyakit Ginjal Kronis? Ini 8 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Penyakit Ginjal

Buah yang aman dikonsumsi penderita penyakit ginjal kronis-Foto : ilustrasi-Net

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Anda punya penyakit ginjal kronis? 8 buah ini aman dikonsumsi untuk penderita penyakit ginjal kronis (CKD)

 

Penderita penyakit ginjal kronis harus benar benar memperhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Sebab, hal ini akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh.

 

Saat ini, jumlah penderita ginjal kronis cukup banyak di Indonesia. Hal ini dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat.

 

Untuk itu, gaya hidup sehat dan asupan yang baik penting untuk diperhatikan. Salah satu makanan yang sangat baik dikonsumsi adalah buah buahan.

BACA JUGA:Terungkap, Rupanya Ini Alasan Wali Kota Jambi Syarif Fasha Tak Puas dengan Kinerja Kepala DPMPTSP

BACA JUGA:Kepala BKPSDM Ingatkan ASN Bungo Dilarang Ikut Politik Praktis

 

Buah-buahan mengandung serat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Termasuk befungsi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

 

Selain itu, orang yang mengonsumsi serat dalam jumlah tinggi cenderung berisiko lebih rendah terkena stroke, hipertensi, penyakit jantung koroner, obesitas, dan penyakit pencernaan tertentu.

 Namun, buah apa saja yang aman dikonsumsi oleh penderita ginjal kronis? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari JPNN.com

 

1. Nanas

Rendah potasium, nanas mengandung bromelain, enzim tanaman yang memiliki sifat antiinflamasi dan bisa mengurangi pembengkakan dan nyeri pada persendian Anda.

BACA JUGA:Wakil Presiden Ma’ruf Amin Serahkan Bantuan Peningkatan Rutilahu kepada 30 Mustahik di Jambi, Segini Nilainya

BACA JUGA:Punya Karakter Kuat, 5 Shio Ini Tak Mudah Dibohongi

2. Apel

Rendah potasium dan kaya serat dan vitamin C, apel juga mengandung polifenol tumbuhan, yang merupakan senyawa penangkal penyakit yang ditemukan pada tumbuhan.

3. Berry (semua jenis)

Rendah potasium dan tinggi antioksidan, serat, dan vitamin C, buah beri rendah gula bila dikonsumsi dalam porsi sedang, yang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

 

4. Lemon dan jeruk nipis

Rendah potasium dan tinggi vitamin C, lemon dan jeruk nipis memiliki kandungan gula yang lebih rendah bila dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Buah-buahan ini bisa digunakan dalam memasak sebagai pengganti garam untuk menonjolkan cita rasa alami suatu hidangan.

5. Ceri

Tinggi serat dan vitamin C serta kaya antioksidan dan senyawa antiinflamasi, ceri juga bisa mengurangi gejala asam urat, yang menjadi perhatian bagi penderita penyakit ginjal kronis.

BACA JUGA:Maksimal Rp 55 Juta, Ini Rincian Biaya Haji 2023 per Provinsi di Indonesia, Pelunasan Paling Lambat 5 Mei 2023

BACA JUGA:Giliran Kepala DPMPTSP yang Ditegur Wali Kota Jambi Syarif Fasha, Kok Bisa

6. Semangka

Sementara kebanyakan melon tinggi potasium, semangka adalah buah rendah potasium.

Ini juga tinggi vitamin A dan C, magnesium, dan likopen, antioksidan kuat.

Semangka bisa menyumbangkan gula dan cairan alami dalam jumlah yang signifikan untuk diet Anda, jadi tetaplah pada porsi 1/2 cangkir jika Anda memperhatikan cairan Anda.

7. Anggur

Tinggi vitamin K, anggur juga merupakan sumber vitamin B yang baik seperti tiamin, riboflavin, dan B6.

 

8. Alpukat

Meski tinggi serat, magnesium, dan lemak tak jenuh tunggal sehat yang menurunkan kolesterol LDL, alpukat hanya boleh dimakan dalam porsi kecil karena tinggi potasium.

Buah yang harus dihindari adalah buah belimbing, karena mengandung racun yangbisa menyebabkan masalah saraf dan toksisitas bagi orang yang sedang menjalani cuci darah. *


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com