Berlanjut di 2023, Pemkot Jambi Telah Siapkan Langkah Strategis Penanganan Inflasi

Berlanjut di 2023, Pemkot Jambi Telah Siapkan Langkah Strategis Penanganan Inflasi

Wali Kota Jambi Syarif Fasha-Ist/jambi-independent.co.id -

BACA JUGA:Promo Ramadhan Berkah, PLN Beri Diskon Tambah Daya Rumah Ibadah Hanya 150 Ribu

10. Perluasan kerja sama dengan daerah yang sudah bekerja sama sebelumnya dan daerah baru penghasil komoditas pangan untuk Kota Jambi.

11. Bantuan transportasi angkutan komoditas pangan akan terus dilakukan untuk membantunupaya stabilisasi harga di pasaran dan ditingkat distributor.

12. Upaya publikasi, sosialisasi, edukasi akan terus dimasifkan untuk membangun kesadaran masyarakat terkait inflasi. Sosialisasi bersama Bank Indonesia akan diintensifkan kepada masyarakat di kecamatan dan kelurahan, melalui Forum RT, LPM, komunitas, dan sebagainya

Fasha juga menekankan perlunya kordinasi yang baik antara pemprov dan pemda kota-kabupaten terkait program penanganan inflasi agar terjadi keterpaduan langkah yang efektif dalam menjaga stabilitas inflasi di Provinsi Jambi.

BACA JUGA:Perkuat Kontribusi Bagi Masyarakat dan Negara, BSI Salurkan Zakat Lebih Dari Rp173 Miliar 

BACA JUGA:Jalan Nasional di Sridadi Rusak, Warga Blokir Jalan, Minta Angkutan Batu Bara Tak Lewat Situ Lagi

Penyumbang inflasi tertinggi di Kota Jambi masih terjadi pada komoditas beras dan beberapa komoditas volatile food lainnya. Kondisi ketersedian komoditas yang dimiliki Bulog Jambi saat ini, 6.904 ton cadangan beras, gula pasir sebanyak 72 ton, minyak goreng 96 ton, tepung terigu sebanyak 4 ton dan daging beku sebanyak 24 ton.

Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jambi, mengatakan bahwa inflasi yang tidak ditangani dengan tepat akan seperti bola salju, membawa efek dampak negatif ekonomi bagi suatu daerah. Pihaknya akan bersama Pemkot Jambi melakukan edukasi tentang inflasi, mengajak masyarakat belanja bijak agar masyarakat tidak panic buying, dan mendukung Pemkot Jambi dengan memberikan bantuan bibit cabai. 

Senada dengan Bank Indonesia, Kepala BPS Kota Jambi ungkapkan bahwa inflasi terkait dengan pergerakan harga bukan pergerakan barang, oleh karena itu menjaga stabilitas harga komoditas menjadi fokus utama agar daya beli masyarakat dapat terjaga dengan baik.

Kasi Datun Kejaksaan Negeri Jambi mengatakan bahwa pihak Kejaksaan siap mendampingi kegiatan penanganan inflasi di Kota Jambi, terutama terhadap upaya penindakan hukum bagi pelaku spekulan yang memainkan harga kebutuhan pokok di Kota Jambi.

BACA JUGA:Gerindra Arab Saudi Targetkan Kemenangan Prabowo Presiden 2024 

BACA JUGA:Ini Pesan Sekda Budhi Hartono Saat Membuka Acara Musda MUI Ke IV Kabupaten Muaro Jambi.

Dandim 0415 Jambi melalui Pasi Ops juga menyampaikan bahwa TNI melalui Babinsa akan bersama Pemkot Jambi membantu pemanfaatan lahan tidur dan edukasi masyarakat untuk urban farming yang selama ini gencar digalakkan oleh Pemkot Jambi.

Pemerintah Kota Jambi sendiri telah memiliki rekam jejak sukses dalm upaya menurunkan laju inflasi yang sempat meninggi pada bulan Agustus 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: