Ingin Sukseskan Pemilu 2024, Etnis Tionghoa Ikut Andil Jadi Pantarlih

Ingin Sukseskan Pemilu 2024, Etnis Tionghoa Ikut Andil Jadi Pantarlih

Etnis Tionghoa ikut andil jadi Pantarlih-Foto : Jennifer Agustia-Jambi-independent.co.id

JAMBI,JAMBI-INDEPENDENT CO.ID - Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) calon pemilih pada Pemilu 2024 nanti oleh Petugas Pantarlih (Pemutakhiran Data Pemilih), hanya tinggal kurang dari seminggu lagi. 

 

Namun di balik proses coklit, ada pemandangan yang menarik. Yakni terdapat petugas Pantarlih yang berasal dari etnis Tionghoa, bernama Erwin Hermanto.

 

Erwin mengatakan, menjadi seorang Pantarlih kali ini memang merupakan pengalaman pertama baginya. Dia menyebut dirinya menjadi Pantarlih di TPS 04 Kelurahan Sulanjana, Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi.

 

"Jadi Pantarlih ini adalah pengalaman pertama untuk diri saya," kata Erwin.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Bengkel Las di Kasang Kota Jambi Kebakaran, Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Terbaru! Lirik Lagu Jajalen Aku-Denny Caknan, Rasah Mbok Angen-angen..

 

Erwin menjelaskan, hingga saat ini, proses coklit yang dilakukannya telah mencapai 80 persen dengan target 10-15 KK perhari.

 

"Kita sudah 80 persen, jadi tinggal beberapa warga lagi yang belum kita verifikasi, itu karena tidak ada di rumah atau sedang ke luar kota," ujarnya.

 

Menurut Erwin, motivasinya menjadi Petugas Pantarlih, dirinya ingin ikut berperan aktif menyukseskan Pemilu 2024. Dia juga mengajak warga Kelurahan Sulanjana di TPS 04 khususnya, untuk berpartisipasi menggunakan hak pilihnya.

 

"Motivasi kita menyukseskan Pemilu 2024 dan membantu warga supaya punya hak suara dalam memilih di Pemilu tahun 2024," katanya.

BACA JUGA:Viral! Mantan Wakapolda Jambi Beri Bantuan Rumah untuk Anggota Polri yang Stroke 4 Tahun

BACA JUGA:Salurkan Pembiayaan Tepat, Bank BTPN Syariah Rangkul Kaum Perempuan Naik Kelas dan Miliki Usaha Sendiri

 

Selain sebagai petugas Pantarlih, Erwin saat ini juga berprofesi sebagai karyawan di salah satu bengkel yang terletak di Kecamatan Jambi Timur.

 

Ketua PPS Sulanjana, Amran mengatakan, seleksi pantarlih memang di lakukan secara selektif dan terbuka. Menurutnya, semua warga negara Indonesia yang memenuhi syarat bisa mendaftar. 

 

"Kita tidak membedakan suku, agama, ras semua memiliki hak yang sama untuk terlibat mensukseskan Pemilu.

 

Sementara itu, PPK Jambi Timur, Dinny Febrianty mengatakan, sejauh ini pelaksanaan coklit di kecamatan Jambi Timur progresnya terbilang memuaskan. Walaupun proses coklit akan berakhir tanggal 14 maret 2023, namun persentase pencapaian Jambi timur dengan sembilan kelurahan per tanggal 9 Maret 2023, adalah 96,17 persen.

BACA JUGA:Update Harga BBM Pertamina Hari Ini Turun Rp 1.000-Rp 1.200 per Liter, Begini Cara Daftar MyPertamina

BACA JUGA:Gadaikan Mobil Cicilan, Warga Kumpeh Diganjar Hukuman Penjara 10 Bulan

 

"Dari sembilan kelurahan, tiga kelurahan sudah menyelesaikan tahapan coklit, yaitu kasang, kasang jaya dan tanjung sari," kata Dinny.

 

"Jambi Timur optimis dapat mencapai angka 100 persen sebelum jangka waktu yang ditentukan. Hal ini tentunya tak lepas dari soliditas dan kerja keras seluruh Pantarlih di bawah PPS dan dipantau oleh PPK," tandasnya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: