Jangan Sepelekan Ruam Kulit, Bisa Jadi Gejala Usus Bocor

Jangan Sepelekan Ruam Kulit, Bisa Jadi Gejala Usus Bocor

Ilustrasi Ruam-Freepik-Capture Freepik

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Beberapa orang mungkin memiliki retakan atau lubang di lapisan ini - memungkinkan sisa makanan, racun, dan bakteri untuk melewatinya.

Ini disebut sebagai "sindrom usus bocor" - meskipun istilah ini belum diterima secara resmi oleh komunitas medis sebagai penyebab masalah ini.

Tetapi diketahui bahwa makanan yang tidak tercerna, racun, dan bakteri yang dapat meresap ke dalam jaringan di bawahnya dan memicu peradangan dan perubahan flora usus, menyebabkan masalah pada sistem pencernaan.

Pendiri ahli kesehatan pencernaan Eternal Being, Michelle Geraghty-Corns berbicara secara eksklusif dikutip dari laman Daily Express untuk menjelaskan lebih lanjut.

BACA JUGA:Hore, Pendaftaran SPAN PTKIN 2023 Diperpanjang Hingga 7 Maret

Orang dengan sindrom usus bocor dapat mengalami diare kronis, sembelit yang berlangsung selama seminggu, atau bahkan gas berlebihan atau kembung.

Jika Anda melihat tubuh Anda tiba-tiba bereaksi terhadap makanan yang biasa Anda makan tanpa masalah, ini bisa menjadi tanda Anda mengalami usus bocor.

Gejala yang mungkin tidak tampak jelas termasuk ruam dan kulit kering.

Ms Geraghty-Corns berkata: Menghadapi kembung, sakit perut, reaksi kulit (seperti ruam, kulit kering), sakit kepala, kelelahan, dan kabut otak setelah makan makanan tertentu bisa menjadi petunjuk bahwa Anda memiliki celah di dinding usus Anda.

Bakteri yang merembes ke dalam aliran darah membuat tubuh meradang, sering menyebabkan pasien mengalami eksim, psoriasis, dan jerawat serta respons autoimun juga.

Jika Anda berjuang dengan kondisi kulit kronis apa pun, ada baiknya mempertimbangkan kemungkinan usus bocor.

Gangguan suasana hati seperti kecemasan dan depresi juga dianggap terkait dengan usus, Ms Geraghty-Corns memperingatkan.

BACA JUGA:Duh, Niatnya Rp3,9 M, Tapi Dana CSR Perusahaan Batu Bara di Jambi Baru Terkumpul Rp1,2 M

Jika Anda menemukan diri Anda berjuang dengan kecemasan, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda perlu memahami kesehatan usus Anda," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: