Sosok Yunsak Elhalcon dibalik Iconiknya Mahligai 9

Sosok Yunsak Elhalcon dibalik Iconiknya Mahligai 9

Yunsak Elhalcon-Foto : ist-Jambi-independent.co.id

Oleh : Dr. Noviardi Ferzi

Pemerhati Jambi


Kawasan Telanaipura tak lagi sama, khususnya di Simpang BI. Sejak dua tahun lalu persimpangan paling strategis di Kota Jambi itu berdiri kantor pusat Bank Jambi gedung Mahligai 9. Berdiri setinggi 12 lantai dengan ketinggian +/- 60 Meter, gedung itu terlihat iconik dengan logo mahligai yang indah terlihat dari kejauhan. Saat ini gedung mahligai 9 merupakan gedung paling tinggi di Provinsi Jambi.

Siapa sangka, dibalik kemegahan Mahligai 9 ada peran Dr. H. Yunsak El Halcon, SH, M.Si sang Direktur utama yang menggagas serta mengusahakan pembangunan gedung perkantoran tersebut. 

Nama Yunsak El Hacon dikenal luas  berbagai kalangan di Provinsi Jambi, bukan saja dunia perbankan tapi secara sosial politik dan ekonomi lokal. Alumni Fakultas Hukum Universitas Jambi ini sontak meroket ketika kinerja Bank Jambi yang dipimpinnya meroket kinerjanya, baik dari segi laba dan indikator lainnya. Publik menilai El Hacon sebagai sosok yang berprestasi. 

Persepsi positif pada diri Elhalcon makin kuat ketika Bank kebanggaan Jambi ini mampu membangun Gedung Mahligai 9 yang ikonik menjadi land mark lawasan baru menjulang di kawasan Telanaipura.

BACA JUGA:Link Live Streaming Persib Bandung vs Arema FC Sore ini

BACA JUGA:8 Pejabat Baru Wilayah Hukum Kejati Jambi Dilantik, Ini Pesan Kajati Elan Suherlan Pada Pejabat Baru

Mahligai 9 merupakan perkantoran megah yang pretesius. Tak banyak institusi mampu membangun gedung semegah mahligai 9 secara mandiri mengandalkan dana internal, bukan bantuan pemerintah dari APBD seperti kebanyakan proyek fisik daerah pada umumnya.

Satu hal yang membanggakan, pembangunan mahligai 9 mengusung konsep green building, merupakan suatu kebanggaan untuk daerah, bahwa Bank Jambi memiliki konsep green building, di saat bank-bank besar (BUMN & swasta) baru akan beralih ke konsep green building. 

Konsep ini sebagai dukungan Bank Jambi terhadap program SDGs (Sustainable Development Goals) dan harapannya ke depan gedung ini bisa menjadi salah satu Icon Provinsi Jambi.

Di bangunnya Gedung Mahligai dapat menunjukan kemajuan peradaban dan kesejahteraan masyarakat Jambi serta mampu menujukan eksistensinya dalam mendorong perekonomian daerah sebagai Bank Pembangunan Daerah di Provinsi Jambi. 

BACA JUGA:Usai Bentak Polisi, Debt Collector Bakal Laporkan Clara Shinta, Kapolda Metro Jaya: Darah Saya Mendidih

BACA JUGA:Mulai Merangkak Naik, Harga Cabai Tembus Rp 80 Ribu per Kilogram

Dunia perbankan merupakan sumber kepemimpinan handal yang profesional. Kita sebut acak saja, dimulai dari Ignatius Jonan, orang Bank yang mampu mentransformasi dunia perkereta apian di Indonesia, lalu ada Zulkifli Zaini Dirut Bank Mandiri yang diminta membenahi PLN. 

Bahkan yang cukup heboh, ketika Presiden Jokowi menunjuk Budi Gunadi Sadikin seorang Bankir untuk memimpin Kementerian Kesehatan disaat Pandemi Covid 19. Di dunia politik kita mencatat ada Aminullah Usman Walikota Banda Aceh yang juga pernah menjadi Direktur Utama Bank Aceh. 

Hari ini, nama El hacon dinilai bukan Bankir biasa, ia bankir yang gaul, luwes, tegas dan profesional. Ditangannya, birokrasi bank yang kaku terasa mencair, beda dengan beberapa pejabat publik yang kaku dengan jabatannya, nyaman dengan dunianya, terisolasi dengan birokrasinya.

Sejatinya pria yang dekat dengan semua kalangan teman - teman pers, aktivis, pejabat, politisi dan mahasiswa. Meski seorang Dirut, El Hacon tetap senang menjalani diskusi tentang banyak hal baik itu ekonomi, kuliner ataupun sepakbola kegemarannya.

BACA JUGA:Anak Pejabat Ditjen Pajak Aniaya Anak Pengurus GP Ansor Hingga Koma, DJP Suryo Utomo Nyatakan Sikap

BACA JUGA:Asyik! Pemerintah Umumkan Formasi yang Dibutuhkan Penerimaan CPNS 2023 dan PPPK, Nakes Siap-siap

Inilah Dr. H. Yunsak El Hacon, SH, M.Si merupakan anak Jambi yang meniti karir sebagai Bankir Profesional. Bagi sebagian warga Jambi, nama dan sosoknya tentu tak asing. Bang El begitu ia kerap disapa menjabat sebagai Direktur Utama Bank Jambi.

Lahir pada tanggal 8 Desember 1964. Meraih gelar Sarjana dari Universitas Jambi pada tahun 1989 dan gelar Magister dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1998. Mengikuti berbagai pelatihan, terakhir dengan mengikuti Sertifikasi Manajemen Risiko tingkat IV pada tahun 2015, Sertifikasi level 5 dan sekolah puncak sespi Bank angkatan 66 tahun 2015.

Posisi yang pernah dijabat di Bank Jambi, antara lain sebagai Pelaksana Seksi Keuangan dan Akuntansi (1993-1994), Pelaksana Seksi Supervisi Kredit (1994-1995), Kepala Seksi Kas Daerah (1998-1999), Pelaksana Tugas Kepala Bagian Personalia (1999-2002), Kepala Seksi Penelitian dan Pengembangan (2005-2007), Kepala Bagian Perencanaan (2007-2008), Kepala Bidang Risk Management (2008-2009), Kepala Bidang Pemasaran dan Produk Dana (2009-2012), Pemimpin Cabang Muara Sabak (2012-2014), Kepala Divisi Branch Banking (2014-2015), hingga ditunjuk sebagai Direktur Pemasaran dan Syariah pada Januari 2016 untuk periode 2016-2020. Beliau meraih gelar Doktor dari Universitas Jambi pada bulan Desember 2017.

Yun sak El Hacon lahir dari keluarga birokrat dan politisi yang terkemuka di Provinsi Jambi, ayahnya almarhum H. Zaihifni Ishaq atau lebih dikenal pak Uyun, selain berkarir di birokrasi, juga dikenal sebagai politisi ulung pada zamannya. Pak Uyun pernah menjadi Ketua DPD Golkar Tingkat 1 Provinsi Jambi. Jabatan Ketua Golkar Provinsi zaman orde baru bukan kaleng - kaleng, jika tidak restu Presiden Suharto yang berkuasa, jangan harap bisa memimpin Golkar single mayority saat itu.

BACA JUGA:Kelurahan Simpang Rimbo, Hasil Pemekaran Kelurahan di Kota Jambi, Gabungan 2 Wilayah Ini

BACA JUGA:Pelindo Peduli Mengajar di SMAN 1 Kota Jambi

Meski sebagai politisi kawakan Pak Uyun dikenal sebagai pemain belakang layar yang handal. Terbukti ia bisa menopang sang kakak Zainir Haviz menjadi Walikota Jambi era 70 an dulu. Lalu, Zainul Imron Bupati Sarko awal 90 an. 

Bakatnya sebagai Bankir menurun dari pamannya H. Zainul Gafar yang juga pernah menjadi Dirut Bank Jambi periode 2008 - 2013. Selain itu sebagai birokrat sejati ini ia pelajari dari pamannya H. Zainul Imron Bupati Sarko, kini Merangin.

Akhirnya catatan sejarah telah dimulai, Yunsak El Hacon, seorang Dirut Bank Jambi, dinilai berbagai kalangan memiliki kapasitas untuk melangkah membawa perubahan bagi Bank Jambi dan daerah Jambi. *





 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: