Bisa Turunkan Hipertensi, Ini 11 Manfaat Tomat, Bisa Cegah Penyakit Berbahaya

Bisa Turunkan Hipertensi, Ini 11 Manfaat Tomat, Bisa Cegah Penyakit Berbahaya

11 manfaat tomat untuk kesehatan-Foto : Ilustrasi-Pixabay

 Kandungan serat, potasium, vitamin B dan C, likopen, dan kolin pada tomat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL dan kadar trigliserida, mencegah oksidasi lipid serum, yang menyebabkan penumpukan arteri, dan menurunkan tekanan darah. Asupan kalium yang tinggi dan asupan natrium yang lebih rendah mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. 

4. Perawatan Penglihatan

 Vitamin A antioksidan penting (terbentuk dari kelebihan beta-karoten) bersama dengan senyawa flavonoid, Zea-xanthin, membantu mencegah rabun senja, dan mengurangi risiko degenerasi makula, dengan menyaring sinar ultra-violet yang berbahaya. 

5. Antikanker 

Likopen bisa mengurangi risiko beberapa jenis kanker, antara lain penyakit kronis kanker prostat, serviks, mulut, faring, tenggorokan, kerongkongan, lambung, prostat, dan ovarium. Antioksidan tomat (vitamin A dan C) mencegah kerusakan sel akibat stres oksidatif dari radikal bebas. Beta-karoten dan kandungan serat yang tinggi mencegah perkembangan kanker kolorektal. 

BACA JUGA:Update Terbaru Gempa Turki dan Suriah, 2 WNI Ditemukan Tewas, Status Ibu dan Anak, Ini Data Lengkap Korban

BACA JUGA:Aset Daerah Banyak Hilang, Komisi II DPRD Sarolangun Bakal Panggil Dinas Terkait

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

 Tomat adalah choc-a-block dengan air dan serat, meningkatkan rasa kenyang Anda dan menyediakan beragam nutrisi, mineral, dan vitamin tanpa dampak negatif dari kalori, natrium, dan lemak. 

7. Kesehatan Pencernaan 

Jumlah serat dan air yang mengesankan, merangsang gerakan peristaltik pada otot polos pencernaan, melepaskan cairan lambung dan pencernaan, menggembungkan tinja, mengurangi gejala sembelit dan diare.

Ini juga mencegah penyakit kuning dan secara efektif menghilangkan racun dari tubuh. 

8. Antitoksin 

Asam (coumaric dan chlorogenic) bersama dengan lycopene, bekerja untuk melindungi tubuh dari karsinogen (nitrosamine), dan menetralkan efek racun aflatoksin (sejenis jamur yang sering ditemukan pada kacang tanah dan selai kacang) dan kadmium, yang terdapat pada asap rokok, perokok pasif dan sering terkena polusi udara. 

BACA JUGA:Bupati Batanghari M Fadhil Arief Kunjungi Graha Pena Jambi Independent, Ini yang Dibahas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com