Pengumuman PPPK Guru Ditunda Berbuntut Panjang, Jadwal Pemberkasan NIP hingga Penerimaan SK Berubah Total

Pengumuman PPPK Guru Ditunda Berbuntut Panjang, Jadwal Pemberkasan NIP hingga Penerimaan SK Berubah Total

pengumuman guru PPPK ditunda, pengaruhi jadwal lainnya-Foto : Ilustrasi-Freepik

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Imbas dari diundurnya pengumuman PPPK guru akhirnya berbuntut panjang. Hal ini berpengaruh terhadap jadwal pemberkasan NIP hingga penerimaan SK oleh guru PPPK.

Hal inipun juga membuat para guru honorer bertanya tanya tentang nasib mereka. Ada kekhawatiran dan kekecewaan yang dirasakan.

Namun, hal tersebut harus diterima dengan lapang dada. Sebab, penundaan jadwal kelulusan guru PPPK yang ditunda dari jadwal sebelumnya 2 - 3 Februari berimbas pada perubahan besar-besaran jadwal pemberkasan NIP. 

Menurut Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama bahwa sebelumnya pihaknya sudah menentukan jadwal selanjutnya untuk tahapan setelah diumumkannya kelulusan PPPK. Namun semua jadwal tersebut harus dibuat ulang karena dari awal sudah ada perubahan. 

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2023 Dibuka Juni, 4 Formasi CPNS 2023 Ini jadi Prioritas, Catat Jadwal CPNS 2023, Lengkap!

BACA JUGA:Hati Hati...! Sebar Infromasi Hoax Penculikan Anak Bisa Penjara 10 Tahun

Dikatakannya bahwa berdasarkan data sebelumnya, seharusnya pengisian daftar riwayat hidup (DRH) dilaksanakan pada 22 Februari sampai 13 Maret. Usul penetapan NIP PPPK dimulai 7 - 31 Maret seperti dikutip dari JPNN.com

Menurut Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama, jadwal tersebut di atas otomatis tidak berlaku. BKN akan membuat jadwal terbaru lagi. 

"Akan disusun jadwal baru. Estimasinya kapan, saya belum tahu jadwal pengumuman hingga pemberkasan NIP PPPK guru," kata Satya Pratama kepada JPNN.com, Sabtu (4/2).

 Pergeseran waktu tersebut membuat kalangan guru honorer nelangsa. Pengurus pusat forum Guru Lulus Passing Grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (GLPGPPPK) Nuriah, S. Pd., mengatakan jika pengumuman hasil seleksi PPPK guru dilaksanakan pekan ke-3 atau ke-4, artinya semua proses akan mundur sampai 1 bulan lebih ke belakang.  

BACA JUGA:Kondisi Cuaca di Laut Tanjab Timur Tak Menentu, Hasil Tangkapan Mulai Menggiurkan

BACA JUGA:Menjaga Fungsi Otak dan Jantung, Ini Deretan Manfaat Jus Apel

Dia mencontohkan, dari pengumuman sampai ke pengisian DRH waktunya 20 hari. Pengisian DRH juga 20 hari, sedangkan usulan NIP PPPK guru 20 hari.  

"Kalau melihat itu bisa-bisa pengisian DRH akhir Maret sampai April. Usulan NIP PPPK dari akhir April sampai Mei. Juni baru terbit NIP PPPK, berarti kami terima SK Juli dong," seru Nuri. Dia mengaku heran rekrutmen PPPK ini sudah tiga kali, tetapi saja masih bemasalah. Apakah pemerintah tidak melakukan evaluasi di setiap akhir perekrutan?.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com