Ini Sejarah dan Asal Usul Nama Kerupuk Kemplang, Makanan Ringan Kuliner Khas Palembang

Ini Sejarah dan Asal Usul Nama Kerupuk Kemplang, Makanan Ringan Kuliner Khas Palembang

kerupuk kemplang-Foto : Ilustrasi-Freepik

PALEMBANG, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Palembang memiliki banyak makanan atau kuliner khas. Mulai dari pempek, pindang, selam, lenggang hingga makanan ringan seperti kerupuk yang dikenal dengan nama kemplang.

Kemplang ini merupakan salah satu jenis kerupuk yang menjadi kuliner khas Palembang. Kerupuk ini memiliki cita rasa yang khas. Bisanya kerupuk kemplang terbuat dari ikan atau udang yang dihancurkan kemudian diadon dan dijemur.

Setelah dijemur, barulah kerupuk tersebut digoreng dan dinikmati sebagai salah satu makanan ringan. Kemplang biasanya dimakan pada saat santai. Kadang juga dinikmati bersamaan dengan nasi dan sambal.

Lalu, mangapa kerupuk khas Palembang ini dinamakan kemplang? Ternyata, nama kemplang diambil dari cara membuatnya. 

BACA JUGA:Kos-kosan 5 Pintu di Muara Bulian Kebakaran, 1 Penghuni Berhasil Selamat

BACA JUGA:Ini Syarat Lengkap Jika Ingin Menikah di KUA, Tidak Dipungut Biaya

Kemplang berarti memukul-mukul. Ini karena cara membuat kemplang juga melalui proses memukul mukul adonan yang sudah diracik bersama bahan bahan dan bumbu yang ada.

Adonan kerupuk yang sudah dicampur rata dipukul-pukul sampai pipih. Maksudnya saat proses pengeringan, kemplang jadi kering merata.  Dengan begitu ketika digoreng, rasanya renyah menyeluruh. Itulah rahasia kerupuk kemplang yang sangat renyah dan nikmat. 

 Nah, jika Anda berlibur ke Kota Palembang, Sumatera Selatan, sempatkanlah berkeliling tempat-tempat kuliner khas kota ini. 

Selain pempek yang sangat terkenal, Palembang juga punya kerupuk khas yang jadi ikon kota ini, yakni "Kemplang".

Masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan kemplang. Ini karena cemilan khas Palembang ini memang sudah ada sejak dulu. 

BACA JUGA:Kapan Fakultas Kedokteran UIN STS Jambi Dibuka? Ini Penjelasan Rektor

BACA JUGA:Ketahuan Punya Istri Simpanan, Kompol Dwi Yanuar Dimutasi ke Yanma Polda Metro Jaya

Bagi penikmat kerupuk, penganan ini adalah kuliner paling diburu oleh mereka. Kemplang enak dimakan sebagai teman nasi dan lauk pauk lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com