Kenali Perbedaan Autisme dan Down Syndrome, Jangan Sampai Salah

Kenali Perbedaan Autisme dan Down Syndrome, Jangan Sampai Salah

Ilustrasi Cinta-8photo-Capture Freepik

Autisme adalah Gangguan Perkembangan Saraf

Mengutip dari Healthline, gangguan spektrum autisme adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok gangguan perkembangan saraf. Gangguan ini ditandai dengan masalah komunikasi dan interaksi sosial.

Penyebab dari autisme hingga kini masih belum diketahui secara pasti. Namun faktor seperti genetik dan lingkungan seperti paparan zat kimia berbahaya, asap rokok, obat-obatan ketika ibu sedang hamil dan lain sebagainya dapat berpengaruh.

Ada beberapa jenis spektrum autism dengan penentu yang berbeda, misalnya mereka yang dengan atau tanpa gangguan intelektual, gangguan bahasa, perkembangan saraf, dan kondisi medis atau lainnya.

Perbedaan Diagnosis Down Syndrome dan Autis

BACA JUGA:Cek Ini Daftar 193 Kota yang Wajib Membeli BBM Subsidi Menggunakan QR Code, Kota Jambi Sudah Masuk Gak Ya?

Jika mereka yang mengidap down syndrome dapat didiagnosis sejak bayi atau baru lahir karena penampilan fisiknya yang khas, gejala autisme biasanya dapat dilihat pada masa kanak-kanak di antara usia 12 hingga 24 bulan. Namun gejala tersebut bisa saja muncul lebih awal atau lebih lambat.

Skrining untuk down syndrome dapat dilakukan sejak bayi masih di dalam kandungan. Evaluasi ultrasound, tes darah, tes amniosentesis, dan pengambilan sampel darah pusar dapat dilakukan untuk memeriksa adanya kelainan atau kecacatan kromosom.

Sedangkan untuk mengidentifikasi anak yang berisiko mengalami spektrum autism dapat melalui evaluasi perilaku, skrining terapi okupasi, dan kuisioner perkembangan dari psikolog anak atau terapis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: