Tanggulangi Pemadaman, PLN ULP Kota Baru Laksanakan Right of Way

Tanggulangi Pemadaman, PLN ULP Kota Baru Laksanakan Right of Way

PLN terus lakukan right of way-Foto : PLN-

JAMBI,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pemadaman merupakan hal yang tak diharapkan masyarakat, begitupun pihak PLN. Namun, terdapat beberapa penyebab padam yang tak direncanakan seperti kondisi cuaca dan pohon-pohon yang melewati batas aman jaringan listrik. 

Salah satu upaya yang dilaksanakan oleh PLN untuk mengatasi padam akibat pohon yang mengganggu penyaluran listrik pada beberapa jaringan adalah dengan cara pemangkasan atau yang sering disebut Right of Way (ROW).

Kondisi daerah yang masih banyak terdapat pohon tinggi seperti Desa Palempang dan sekitarnya, di Kecamatan Mestong Muaro Jambi, telah masuk dalam daftar ROW. PLN ULP Kota Baru menyebutkan pemadaman tak terencanya di daerah tersebut terjadi karena adanya gangguan listrik akibat pepohonan dan binatang. 

Manager ULP PLN Kota Baru Agustina Pertiwi saat dikonfirmasi mengatakan permohonan maaf atas ketidaknyamanan dari warga masyarakat. Gangguan jaringan listrik di daerah Palempang dan sekitarnya, masih didominasi disebabkan oleh gangguan pohon dan binatang.

BACA JUGA:Terkait Masalah Almarhum Rangga, Management RSI Arafah Kota Jambi Angkat Bicara, Ini Penjelasan Lengkapnya

BACA JUGA:Berandalan Bermotor Masih Berkeliaran di Kota Jambi, Minta Polisi Bubarkan

"Untuk saat ini kami sedang melakukan penebangan pohon dibawah jaringan listrik yang mengarah ke desa tersebut. Saat ini kami mulai dari pangkal yaitu di titik GI bertam sampe ke ujung," sebutnya. 

Agustina berharap, bila ada gangguan masyarakat dapat menginformasikan ke PLN. Pengaduan bisa dilayangkan ke aplikasi PLN mobile.

"Apabila ada bunyi ledakan, percikan api di jaringan kami, segera hubungi PLN, sehingga dapat segera kami tindaklanjuti," ujarnya. 

Pihaknya juga berharap, masyarakat dapat mendukung program ROW terhadap tanaman yang tumbuh di bawah jaringan tegangan menengah agar dapat ditebang oleh Petugas PLN, sehingga tidak menjadi penyebab padamnya jaringan listrik. 

BACA JUGA:Terkait Kasus Perampokan di Rumah Dinas Wali Kota, Polisi Tangkap Mantan Wali Kota Bantul

BACA JUGA:ini Permasalahan Jalan Tol Rengat-Jambi di Riau Masih Belum Digarap

"Kami mohon kerjasama masyarakat untuk tidak menanam pohon di sekitar jaringan listrik melewati jarak aman 3 meter dari jaringan PLN," ungkapnya. 

Sementara itu Manager PLN UP3 Jambi, Martha Adi Nurgraha, menambahkan PLN UP3 Jambi  akan terus  berkomitmen untuk meningkatkan kehandalan listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: