Gong Xi Fa Cai, Imlek 2023 Warga Tionghoa Jambi Gelar Fang Sheng, Lepas Hewan ke Alam di Sungai Batanghari

Gong Xi Fa Cai, Imlek 2023 Warga Tionghoa Jambi Gelar Fang Sheng, Lepas Hewan ke Alam di Sungai Batanghari

Walikota Jambi saat melaksanakan Fang Shen beberapa waktu lalu-Foto : dok Diskominfo Kota Jambi-

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ada banyak tradisi dan kepercayaan yang selalu dilaksanakan oleh Warga Tionghoa pada saat Perayaan Tahun Baru Imlek 2023. Begitu juga warga Tionghoa Jambi.

Salah satu tradisi dan kepercayaan yang dilakukan oleh Warga Tionghoa Jambi pada saat Perayaan Tahun Baru Imlek 2023 adalah melaksanakan Fang Sheng.

Fang Sheng adalah tradisi melepaskan hewan ke alam liar. Tujuannya untuk membebaskan makhluk hidup ke alam liar yang merupakan alam dimana seharusnya mereka hidup.

Seperti yang dilaksanakan oleh Herman, salah seorang warga Tionghoa Jambi yang melaksanakan Fang Sheng bersama keluarga dan komunitasnya.

BACA JUGA:Waduh! Imlek 2023, Harga Sawit di Jambi Anjlok, Segini Harganya

BACA JUGA:Inilah 3 Shio Paling Beruntung Tahun 2023, Rezeki dan Karirnya Melejit di Tahun Kelinci Air

Mereka melaksanakan Fang Sheng di pelabuhan dekat kawasan Ancol Kota Jambi. Beberapa hewan yang hidup di air dilepaskan di Sungai Batanghari Jambi.

Beberapa hewan yang dilepaskan ke Sungai Batanghari seperti ikan dan kura kura. Hewan tersebut dilepaskan ke Sungai Batanghari. Tujuannya agar hewan tersebut bisa hidup bebas di alam mereka.

Menurug Herman, tradisi Fang Shen ini dipercaya bisa memberikan keberuntungan dan keselamatan bagi yang melaksanakannya.

Sebelum pelepasan hewan dilaksanakan, terlebih dahulu dilaksanakan doa bersama untuk keselamatan selama satu tahun ke depan.

BACA JUGA:Kenali 5 Hal Penyebab Detak Jantung Semakin Cepat, Berbahaya Gak Sih?

BACA JUGA:Perayaan Imlek 2023 di Kuala Tungkal Berlangsung Meriah, Ribuan Lampion Hiasi Klenteng, Gong Xi Fa Cai!

"Fang Shen merupakan salah satu tradisi dan kepercayaan yang selalu kita laksanakan. Tujuannya agar selain melepas hewan agar bisa hidup di alam mereka, juga agar kita mendapatkan keselamatan dan keberuntungan," bebernya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: