Mengenal 7 Tari Daerah Sumatera Selatan, Ada Kisah Puyang Serunting Sakti

Mengenal 7 Tari Daerah Sumatera Selatan, Ada Kisah Puyang Serunting Sakti

Jembatan Ampera, yang terletak di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ada 7 tari daerah Sumatera Selatan yang bisa kalian ketahui.-Istimewa-Pixabay/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Siapa yang tak kenal Sumatera Selatan. Provinsi yang dengan cepat berkembang menjadi kota metropolitan.

Sumatera Selatan dari dulu sangat terkenal dengan makanan khasnya, yaitu empek-empek. Berbagai budaya dan tradisi juga dimiliki oleh Sumatera Selatan.

Belum lagi tentang kemahsyuran Kerajaan Sriwijaya, yang dulu sempat mendunia. Bahkan universita ternama di Sumatera Selatan, dinamankan Universitas Sriwijaya.

Provinsi Sumatera Selatan, memiliki ibu kota bernama Kota Palembang. Terletak di bagian selatan pulau Sumatera. Kawasan ini juga memiliki daerah pegunungan, yaitu di Pagaralam.

BACA JUGA:Para ARMY Ayo Kumpul..! Film Terbaru BTS Yet to Come Segera Tayang, Tiket Dijual 11 Januari 2023

BACA JUGA:Ada Pemasangan Alat, Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Mayang Diimbau Tampung Air, Ini Wilayah yang Terdampak

Di sana, berdiri dengan gagah Gunung Dempo, setinggi 3.159 mdpl (meter di atas permukaan laut). Sumatera Selatan, khususnya kota Palembang banyak menyimpan koleksi sejarah masa lalu.

Terutama pada masa zaman keraton Kerajaan Sriwijaya pada abad VI SM yang sangat tersohor dengan ekspansi wilayah dan pusat agama Budha sampai zaman keemasan Kesultanan Palembang Darussalam. 

Soal budaya, Sumatera Selatan juga memiliki berbagai macam suku, dan bahasa. Dari suku-suku ini, muncul pula berbagai tari daerah yang sangat indah.

Nah, kalian yang belum mengetahui apa saja nama tari daerah asal Provinsi Sumatera Selatan, simak keterangan di bawah ini demi menjaga kelestariannya.

7 Tari Daerah Asal Sumatera Selatan

1. Tari Gending Sriwijaya

Sumatera Selatan, khususnya kota Palembang diketahui banyak menyimpan koleksi sejarah masa lalu. Terutama pada masa zaman keraton Kerajaan Sriwijaya pada abad VI SM.

Kerajaan Sriwijaya yang sangat tersohor dengan ekspansi wilayah dan pusat agama Budha sampai zaman keemasan Kesultanan Palembang Darussalam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: