Ini Isi Kesepakatan Pemprov Sumsel dan Jambi Terkait Tugu Selamat Datang

Ini Isi Kesepakatan Pemprov Sumsel dan Jambi Terkait Tugu Selamat Datang

Peta perbatasan Jambi dan Sumsel. Kedua wilayah sepakat untuk membangun tugu selamat datang--Foto : jambiprov.go.id

JAMBI,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID- Pemerintah Sumatera Selatan (Sumsel) dan Pemerintah Provinsi Jambi telah melakukan kesepakatan mengenai pembangunan tugu selamat datang.

Kedua belah pihak sepakat untuk saling membangun tugu Selamat Datang. Baik di wilayah Sumsel maupun di Provinsi Jambi.

Pemprov Jambi melaksanakan pembangunan tugu di wilayah Sumsel. Pun sebaliknya, Pemprov Sumsel membangun Tugu Selamat Datang di wilayah Jambi.

Hal itu dilakukan karena, beberapa waktu lalu kedua belah pihak telah melakukan kesepakatan dalam pertemuan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 6 Desember 2022 lalu.

BACA JUGA:Ini Pengakuan Oknum Pegawai Oknum RS Raden Mattaher Jambi ke Polisi, Kelewatan

BACA JUGA:Jika Jalan Tol Betung-Jambi Selesai Dibangun, Segini Waktu Tempuh Jambi-Palembang

Pembangunan tugu oleh Pemprov Sumsel bakal dibangun pada tahun ini, di wilayah Desa Simpang Nibung, Kecamatan Singkut, Kabupaten Sarolangun.

"Pada kesempatan yang kedua kalau tidak salah pak Gubernur di 2023 ini sudah menyiapkan anggaran sebesar 3,5 miliar,"kata Asisten Pemerintah dan Kesra Kabupaten Muratara H Alfirmansyah.

Bahkan hingga saat ini pembangunan Tugu Selamat Datang yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi di wilayah Kabupaten Muratara masih dalam proses.

Kini Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel) juga akan melakukan pembangunan Tugu Selamat Datang di area perbatasan antara Sumsel dan Jambi.

BACA JUGA:Jika Tol Betung-Jambi Selesai Dibangun, Wilayah Mana Saja yang Dilewati?

BACA JUGA:CPNS Kemenkumham 2023 Dibuka, Ada 10 Formasi untuk Lulusan SMA Hingga S1, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

"Kedua belah pihak berdasarkan hasil rapat kita yang di fasilitasi oleh ditjen akan bangun tugu milik propinsi Sumsel juga," ujarnya.

Begitu juga dengan Kabupaten Sarolangun propinsi Jambi, mereka mendukung pembangunan tugu Sumsel tersebut.

Sejauh ini, pembangunan tugu milik propinsi Jambi di dalam wilayah Kabupaten Muratara, Sumsel sudah hampir finishing.

Tugu milik Propinsi Jambi di bangun di kampung telkom, Desa Simpang Nibung, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Sumsel.

BACA JUGA:Catat! Ini 10 Formasi yang Dibutuhkan pada CPNS Kemenkumham 2023

BACA JUGA:CPNS Kemenkumham 2023 Dibuka, Ada 10 Formasi untuk Lulusan SMA Hingga S1, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Berikut ini kesempatan kedua pihak pada pertemuan di Mendagri pada 6 Desember 2022 lalu.

1. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Musi Rawas Utara mendukung penuh pelaksanaan pembangunan gapura selamat datang yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jambi tahun anggaran 2022. 

2. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berencana untuk membangun gapura selamat datang pada tahun anggaran 2023 di batas wilayah Desa Simpang Nibung Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun (gapura lama). Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten Sarolangun mendukung penuh rencana dimaksud.

3. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jambi, Kabupaten Musi Rawas Utara dan Kabupaten Sarolangun mengusulkan untuk dilakukan revisi terhadap Permendagri Nomor 131 Tahun 2017.

Tentang Batas Daerah Kabupaten Merangin Provinsi Jambi Dengan Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan Dan Batas Daerah Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi Dengan Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan yang segmen dan waktunya akan ditentukan kemudian. (Firdaus/palpres.com)

Artikel ini juga tayang di palpres.com

LDengan judul ternyata pemprov sumsel dan jambi miliki kesepakatan pembangunan tugu selamat datang mau tau


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com