BRIN Minta Maaf, Prediksinya Mengenai Badai Dahsyat Meleset dan Bikin Heboh

BRIN Minta Maaf, Prediksinya Mengenai Badai Dahsyat Meleset dan Bikin Heboh

Gedung Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)-Foto : ist-

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID -Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) akhirnya minta maaf. Ini pasca prediksinya yang membuat heboh masyarakat Indonesia yang akhirnya tidak terbukti.

Sebelumnya, BRIN sempat memprediksi cuaca badai dahsyat akan terjadi. Terutama pada 28 dan 29 desember 2022. Ternyata prediksi ini membuat heboh dan meleset. 

Sebab pada tanggal tersebut kondisi cuaca masih baik baik saja khususnya di Indonesia.

Permintaan maaf ini disampaikan langsung oleh Peneliti Klimatologi Pusat Riset Iklim dan Atmosfer di Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Erma Yulihastin.

BACA JUGA:Ini Caranya, hanya Mendengarkan Musik Dapat Saldo DANA Rp 50 Ribu Setiap Hari

BACA JUGA:Hanya Isi Survey Gratis, Bisa Dapat Uang, Ini 10 Daftar Survey Online yang Bisa Diikuti

Erma mengakui prediksi cuacanya soal badai dahsyat di Jabodetabek pada 28-29 Desember 2022 meleset. Selain itu, menurutnya, terjadi misinterpretasi publik mengenai istilah badai dahsyat. 

“Oleh karena itu saya memohon maaf atas dampak terhadap publik yang berada di luar kendali saya,” katanya lewat keterangan tertulis, Jumat 30 Desember 2022.

Menurutnya, rangkaian cuitan tersebut untuk menjawab pertanyaan publik, seperti jurnalis maupun lembaga operasional. 

Mereka, kata Erma, bertanya soal waktu potensi banjir bisa terjadi, terkait dengan rilis BMKG soal kewaspadaan cuaca ekstrem dan peningkatan hujan. 

BACA JUGA:Aturan Baru BBM di Tahun 2023: 3 Jenis Ini Resmi Dilarang, Harga BBM juga Baru, Ini Penjelasan Pertamina

BACA JUGA:Rayakan Tahun Baru, 2 Jari Wakil Bupati Kaur Provinsi Bengkulu Hancur Tersambar Petasan

“Maka saya berinisiatif membuat cuitan di media sosial dalam forum yang terbatas sebagai bahan diskusi yang bisa saya kendalikan,” jelasnya. 

Erma lanjut menjelaskan, saat melihat data prediksi dari Satellite-based Disaster Early Warning System (SADEWA) yang dikembangkan oleh BRIN, kata Erma, terdapat potensi terjadi hujan ekstrem dan persisten di Jabodetabek pada 28 Desember yang dimulai dari pukul 09.00-14.00 WIB dan dilanjutkan pada malam hari hingga pagi besoknya, 29 Desember 2022. 

“Dengan mencermati data-data tersebut saya sangat was-was, cemas, dan khawatir potensi banjir besar Jabodetabek bisa terjadi pada 28-29 Desember 2022,” ujarnya.

Selama ini, Erma mengklaim SADEWA telah terbukti akurat dalam menangkap perilaku hujan ekstrem dan persisten yang memicu banjir pada 2020 dan 2021 dengan mekanisme yang hampir sama, yaitu terjadi karena peningkatan angin dari utara. 

BACA JUGA:Ini Pengakuan Oknum Pegawai Oknum RS Raden Mattaher Jambi ke Polisi, Kelewatan

BACA JUGA:Terungkap, Spesialis Pembobol Alfamart di Jambi Ini Beraksi di 31 TKP

“Yang meleset dari prediksi adalah intensitas hujan yang tidak ekstrem sehingga dampak yang ditimbulkan tidak separah yang diperkirakan,” kata dia.

Alasan meleset itu, menurutnya, karena web server SADEWA mati selama beberapa jam sehingga pembaruan prediksi cuaca 28-29 Desember 2022 tidak bisa diketahui.

Pemutakhiran data SADEWA dilakukan setiap enam jam sekali. Sebab keduanya di alam, yaitu suhu permukaan laut yang mendingin di utara Jakarta. 

“Sehingga dukungan uap air dan kelembapan tidak maksimal yang membuat proses konveksi mendalam tidak terjadi sehingga intensitas (hujan) tidak sampai esktrem,” ujarnya.

BACA JUGA:Terungkap, Spesialis Pembobol Alfamart di Jambi Ini Beraksi di 31 TKP

BACA JUGA:Siaga Bencana Hidrometeorologi, Ini yang Disiapkan Polda Jambi

Mengenai kata badai dahsyat, menurutnya itu sebagai pengganti istilah ilmiah bagi dua jenis badai yang sedang intensif terjadi di Laut Jawa dan Samudra Hindia.

Kedua badai, kata Erma, bergerak mendekati kawasan Jabodetabek. “Bukan badai dalam pemahaman awam seperti halnya badai tornado karena tidak mungkin terbentuk tornado di wilayah Indonesia,” ujar dia.

Dampak kedua badai itu disebutnya berupa hujan ekstrem dan persisten di wilayah tertentu, yaitu Cilegon. Wilayah lain seperti Tangerang dan sekitarnya mengalami hujan intensitas lebat. 

Sementara wilayah di Jakarta dan lainnya mengalami hujan sedang hingga lebat. Adapun pada beberapa wilayah, seperti Bogor, Depok, hujan terjadi sepanjang siang hingga malam bahkan berlanjut hingga esok harinya. (Lebrina Uneputty/disway.id)


Artikel ini juga tayang di disway.id
Dengan judul prediksi cuaca badai dahsyat bikin heboh dan meleset brin minta 1maaf






Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id