Disbunnak Tanjab Timur Sebut Penyakit yang Serang Kambing di Dusun Jumantan Bisa Menular ke Manusia

Disbunnak Tanjab Timur Sebut Penyakit yang Serang Kambing di Dusun Jumantan Bisa Menular ke Manusia

Hewan Terkena penyakit PMK--

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Seekor kambing milik warga Dusun Jumantan, Kelurahan Talangbabat, Kecamatan Muarasabak Barat, Kabupaten Tanjab Timur, terjangkit penyakit kulit pada bagian mulutnya.

Penyakit tersebut berbentuk koreng yang melepuh, yang ada di bagian sisi kiri dan kanan mulut kambingnya. Bahkan, akibat terjangkit penyakit itu, membuat nafsu makan hewan tersebut menjadi menurun.

"Kambing saya ni hampir seminggu kena penyakit itu mas. Nafsu makannya juga menurun. Dalam satu kandang tu ada 7 ekor kambing, tapi yang terkena penyakit itu cuma satu ekor saja," ujar Basri, pemilik hewan ternak tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Tanjab Timur, Rika Hartati, saat dikonfirmasi terkait hal ini dan diperlihatkan foto kambing yang terjangkit penyakit itu menjelaskan bawah, dari indikasi awal, penyakit yang dialami oleh kambing milik warga Dusun Jumantan tersebut bukan lah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

BACA JUGA:Hewan Ternak Warga Dusun Jumantan Tanjab Timur Terserang Penyakit Mulut, Peternak Khawatir Terjangkit PMK

BACA JUGA:Tangguh, Libas Disdik B 9-1, Pers FC A Pimpin Grup F Turnamen Futsal HUT Pemprov Jambi

"Kalau dari foto yang ditunjukkan ke saya ini, penyakit yang dialami oleh kambing itu adalah penyakit ORF yang umumnya menyerang kambing dan domba," jelasnya.

Rika juga menerangkan, penyakit ORF ini bersifat Zoonosis. Artinya, penyakit tersebut juga bisa tertular dan menjangkit ke manusia yang tersentuh oleh penyakit itu.

"Penyakit itu disebabkan oleh virus Parapox dan bisa menular juga ke manusia. Jadi, kalau bisa, sesudah menyentuh hewan itu atau masuk ke area kandangnya, harus membersihkan diri," terangnya.

Kemudian, dirinya juga menyampaikan, pemilik hewan ternak tersebut harus rutin membersihkan kandang dan hewan ternaknya, agar penyakit itu tidak semakin mewabah ke hewan ternak lainnya.

BACA JUGA:Arti Mimpi Seputar Liburan, Bisa Jadi Ingin Fokus pada Diri Sendiri

BACA JUGA:Yuk Simak, ini Asal Usul Tempe, Makanan Khas Indonesia

"Kebersihan kandang har dijaga juga, biar tidak menular ke hewan lainnya atau pun ke pemiliknya," ujar mantan Kabid Keswan dan Kesmavet Disbunnak Tanjab Timur ini

Lanjut, Rika juga memaparkan, langkah dini yang harus dilakukan oleh peternak kambing atau domba yang hewan ternaknya terjangkit penyakit itu, bisa diatasi dengan rutin memberikan antiseptik atau perasan kunyit di bagian koreng di sekitar mulut hewan ternaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: