Berikut Sinyal yang Diberkan Tubuh saat Stres Melanda

Berikut Sinyal yang Diberkan Tubuh saat Stres Melanda

Ilustrasi Stres-jkomp-Capture Freepik

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Stres tidak melulu selalu negatif, Stres dapat bersifat positif apabila Stres yang dirasakan akan membuat seseorang menjadi waspada, termotivasi, dan juga siap dalam menghadapi tantangan.

Namun stres berdampak negatif jika itu membuat seseorang kehilangan gairah hidup, menjadi sangat emosional, dan juga tidak dapat mengontrol hidupnya.

Sayangnya, tanda-tanda stres ternyata tidak hanya ditujukan melalui emosi namun tubuh juga memberikan sinyal apabila seseorang sedang dalam masa stresnya.

Mengutip Kemenkes, berikut adalah sinyal tubuh saat rasakan stres:

BACA JUGA:Jangan Sepelekan, Berikut Jenis-jenis Sengatan Serangga yang Harus Diwaspadai

Nyeri dada 

Ada orang yang merasakan nyeri di bagian dada atau rasanya jantung berdegup lebih kencang saat sedang stres. 

Kondisi ini terjadi karena jantung bekerja lebih keras saat tekanan darah naik, jika hal ini terjadi secara terus-terusan dalam jangka waktu yang lama maka jantung akan memiliki masalah.

Masalah pencernaan

Pelepasan hormone kortisol secara berlebihan akan mempengaruhi pencernaan, gejala yang dapat dirasakan adalah sakit perut, mual, sembelit, hingga diare. 

Penelitian membuktikan bahwa kondisi perut seseorang dapat mempengaruhi cara berpikir dan berperilakunya.

Ternyata saluran pencernaan sangat peka terhadap emosi, untuk itu tidak heran apabila dalam keadaan stress reaksi tubuh secara fisik adalah mual dan kehilangan nafsu makan.

Gatal-gatal

Gatal-gatal saat stress muncul akibat indera yang menjadi lebih tajam saat stress. Sehingga indera peraba menjadi lebih peka terhadap rasa geli dan gatal pada kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: