Ini 5 Makanan Khas Jambi yang Wajib Dicoba

Ini 5 Makanan Khas Jambi yang Wajib Dicoba

Pempek sambal khas Jambi-Wikipedia-Wikipedia

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing.

Sama halnya dengan Provinsi Jambi. Provinsi yang terkenal dengan sungai terpanjang di pulau Sumatera ini, memiliki beragam makanan khas.

Nah, berikut makanan khas Jambi yang wajib kamu cicipi saat bertandang ke daerah ini. Awas ketagihan!

1. Pempek Sambal 


Pempek sambal khas Jambi-Wikipedia-Wikipedia

Jika biasanya kita memakan pempek dengan menggunakan cuko, seperti pempek dari Palembang. Lain halnya dengan Jambi, pempek satu ini disambal dengan campuran daun jeruk dan daun kunyit. Adonannya sendiri terbuat dari sagu dan tepung. Nikmat sekali dimakan bersama dengan keluarga.

2. Kue Gandus 


Kue gandus-Cookpad Bunda Melvy-Cookpad

Kie Gandus dapat ditemui di daerah Jambi maupun di daerah Palembang. Namun, kue tradisional ini juga termasuk salah satu makanan khas dari Jambi. Gandus diolah dari sagu, tepung beras, santan, bawang putih, dan garam. Paduan santan yang gurih dan bumbu yang khas serta topping daun bawang, bawang goreng, potongan cabai menjadi sangat sempurna dinikmati di pagi hari. 

3. Tempoyak Patin


Tempoyak Patin khas Jambi-Wikipedia-

Ya, tempoyak adalah makanan khas Jambi yang berasal dari durian yang sudah difermentasi. Biasanya dimasak bersamaan dengan ikan patin segar yang didapat dari Sungai Batanghari, yakni sungai yang terpanjang di Pulau Sumatra. Rasa asam manis tempoyak dipadu dengan ikan patin yang segar, nikmat sekali dimakan dengan nasi hangat!

4. Tepek Ikan


Gulai tepek ikan ikhas Jambi-Cookpad Mama Vajaz-Cookpad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber