Permasalahan Wanita Saat Haid

Permasalahan Wanita Saat Haid

Ilustrasi--

Berdasarkan jawaban dari responden, 85% wanita mengalami sakit pinggang saat haid, Penyebab utama sakit pinggang saat menstruasi adalah karena perubahan hormon. Menurut sebuah studi, perubahan hormon ini memengaruhi kontraksi pada rahim yang bisa menyebabkan sakit pinggang dan juga kram.

6. Suasana hati/mood wanita saat haid

Berdasarkan hasil kuesioner, responden menjawab mood wanita saat haid sering berubah-ubah. Itulah alasannya wanita saat haid sering marah tanpa sebab, emosian, gampang menangis atau mudah bersedih.

7. Tubuh cepat lemas dan mudah lelah

Dilihat dari hasil kuisioner, 40% responden merasakan lemas dan 65% responden cepat lelah. Hal ini karena perubahan hormon sehingga terjadi penurunan energi pada tubuh.

8. Perubahan nafsu makan

40% responden merasa nafsu makannya bertambah. Sejumlah ahli menyebut bahwa keinginan untuk makanan yang berlebihan saat PMS disebabkan oleh turunnya kadar hormon serotonin.

Cara Mengatasi Permasalahan Saat Haid

• Dari hasil kuisioner, mayoritasnya yaitu 40% responden lebih memilih kompres dingin/panas untuk mengobati nyeri. Kompres hangat dan kompres dingin merupakan teknik untuk meredakan nyeri secara non farmakologis. Menurut beberapa penelitian, kompres dingin memiliki efektivitas yang lebih tinggi dibanding kompres hangat dalam meredakan nyeri pada dismenore.

• Sakit kepala saat menstruasi dapat diobati dengan mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri. Contohnya ibuprofen, naproxen, dan aspirin.

• Cara efektif untuk mengatasi sakit perut contohnya seperti melakukan kompres hangat, memijat perut, minum teh herbal.

• Sakit pinggang bisa diatasi dengan cara seperti peregangan, minum obat-obatan, kompres atau mandi dengan air hangat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: