Permasalahan Wanita Saat Haid

Permasalahan Wanita Saat Haid

Ilustrasi--

Penulis: Puti Zunina, Sonia Dwi Syahrani, Shirin Ebadi Rinaldi.

Menstruasi merupakan suatu proses fisiologis yang pertama kali dialami wanita usia 10-16 tahun (Wiknjosastro, 2009). Siklus menstruasi terjadi di bawah pengendalian hormon dalam interval sekitar empat minggu, kecuali selama kehamilan dan laktasi (Dorland, 2012).

Gangguan haid merupakan masalah yang cukup sering ditemui masyarakat kalangan wanita, tujuh puluh lima persen pada tahap awal remaja akhir mengalami gangguan yang terkait dengan haid terutama pada usia remaja. Siklusnya haid, haid yang teratur, haid yang tidak teratur merupakan keluhan tersering yang menyebabkan remaja wanita menemui dokter (Sianipar dkk, 2009).

Gangguan menstruasi memerlukan evaluasi yang seksama karena gangguan menstruasi yang tidak ditangani dapat mempengaruhi kualitas hidup dan aktivitas sehari-hari. Pada sebuah studi yang dilakukan terhadap mahasiswi di berbagai universitas di Indonesia sebanyak 20 orang responden didapatkan data bahwa lama haid berlangsung 3-7 hari (85%), terlambat datang bulan (65%), sakit kepala (10%), sakit perut (45%), sakit pinggang (50%), suasana hati yang berubah-ubah (70%), cepat lelah (65%), merasa lemas (40%), perubahan nafsu makan bertambah (40%). Penelitian ini dibuat untuk memperoleh Pemahaman yang lebih baik mengenai prevalensi gangguan.

Macam-Macam Masalah Haid

1. Lamanya haid

Dilansir dari Very Well Health, lama haid yang normal berlangsung antara 3-7 hari. Berdasarkan jawaban terbanyak dikuesioner, sebanyak 85% responden lama haidnya normal.

2. Terlambat datang bulan/haid

Banyak responden yang terlambat haid, yang mana bisa saja disebabkan oleh stres, mengalami penurunan atau kenaikan berat badan, tengah hamil, mengonsumsi pil KB, gangguan hormon, hingga mengidap penyakit serius.

3. Sakit Kepala saat haid

Berdasarkan jawaban terbanyak dikuesioner, sebanyak 65% responden mengalami sakit kepala saat haid hanya kadang-kadang. Sakit kepala saat haid bisa muncul kapan saja, namun biasanya dua hari menjelang haid hingga tiga hari setelah haid berakhir. Dari sisi usia, sakit kepala saat haid dapat dirasakan wanita sejak masa remaja, selama usia produktif, hingga menjelang menopause.

4. Sakit perut saat haid

Terbukti sebanyak 95% wanita mengalami sakit perut saat sedang haid. Sakit perut saat haid atau biasa disebut dysmenorrhea, terjadi akibat ketidakmampuan oksigen mencapai jaringan rahim akibat kontraksi otot dinding rahim.

5. Sakit pinggang saat haid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: