Ternyata Ini 7 Penyebab Bau Badan, Simak Tips Cara Mengatasinya

Ternyata Ini 7 Penyebab Bau Badan, Simak Tips Cara Mengatasinya

ilustrasi bau badan-Pixabay -Pixabay.com

Orang yang memiliki berat badan berlebih (Gemuk), lebih banyak memiliki pori – pori dibandingkan dengan orang yang tidak gemuk. Karena kebanyakan dari pori – pori tersebut terletak di bagian badan yang berlipat – lipat sehingga menjadikan area sekitarnya hangat, beruap dan pastinya lembap. Karena kondisi itu, mikroorganisme akan berkembang secara pesat dan memunculkan aroma yang tidak sedap.

3. Infeksi Kulit 

Infeksi kulit juga bisa menyebabkan bau badan. Tentu saja sumber awalnya dari bakteri yang terdapat di bagian infeksi. Sebaiknya kalian yang memiliki infeksi pada bagian kulit segera mengatasinya, kalau tidak bakteri yang terdapat di bagian tersebut akan semakin berkembang dan memunculkan dampak yang tidak kita inginkan.

4. Racun Tubuh

Di dalam tubuh manusia, terdapat sebuah racun yang sering juga disebut sebagai toksin. Racun tersebut bisa muncul dari makanan, lingkungan, atau udara di sekitar kita. Apabila organ kita tidak bisa mengontrol pengeluaran racun ini, otomatis racun akan berkumpul. Kemudian aroma tidak sedap akan muncul dari saluran hati dan usus besar yang tersumbat. Apabila kalian mengalami hal seperti itu, sebaiknya kalian segera melakukan proses atau mengikuti program pengeluaran racun (Detoksifikasi) pada bagian hati, usus besar, dan ginjal.

5.Pola Diet Tidak Berimbang 

Biasanya yang mengalami kondisi diet tidak berimbang ialah wanita karena ingin mendapatkan tubuh yang lebih proporsional. Bau Badan akan muncul dikarenakan kekurangan Zinc dan Magnesium yang menyebabkan ketiak menjadi bau.

BACA JUGA:Timnas Qatar Tertinggal 0-2, Babak Pertama Laga Perdana Piala Dunia 2022 

BACA JUGA:Atlet Perbakin Jambi Bawa Pulang Medali Emas dari Kejuaraan Menembak Gubernur Cup 2022 di Sumsel

Setiap orang juga memiliki unsur – unsur kimia sendiri di dalam tubuh masing – masing. Ada yang ketika memakan banyak daging atau bahkan sayuran akan menyebabkan bau badan yang sangat menyengat. Ada juga orang – orang yang tidak bisa memetabolisme suatu makanan yang memiliki banyak kandungan zat choline seperti telur, dan ikan. Maka dari itu apabila kalian sedang menjalani program diet, usahakan untuk memahami zat dan kandungan apa yang tubuh kalian butuh kan serta apa yang tidak boleh. Intinya untuk menyeimbangkan diet yang sedang dijalani dan mencegah munculnya bau badan.

6.Penyakit Tertentu

Penyakit seperti HIV, hiperhidrosis, leukimia, kecemasan berlebih, limfoma, diabetes, dan hipertiroidisme bisa menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak keringat. Tapi kalian juga jangan memvonis diri dengan hal – hal yang berlebihan ketika mendapati kondisi keringat berlebih. Sebaiknya kalian segera menemui dokter agar bisa mengetahui dengan pasti penyebab keringat berlebih yang dihasilkan oleh tubuh kalian. 

7.Deterjen

Sebenarnya, ada beberapa senyawa kimia di dalam deterjen, yang bisa memunculkan reaksi pada tubuh kita, namun hal tersebut tidak banyak yang menyadarinya. Reaksi yang terjadi juga dapat menghasilkan pelepasan aroma yang tidak sedap ketika bercampur dengan keringat dari tubuh kita. Selain itu, ketika kita tidak membilas atau mengeringkan pakaian kita dengan baik, maka akan terjadi penumpukan molekul sabun pada serat kain. Tumpukan sabun tersebut, apabila menjadi lembap baik itu karena terkena keringat kita, akan memunculkan bau yang tidak sedap juga.  

Tulisan di Atas merupakan beberapa penyebab yang dapat menimbulkan bau badan. Ingat, bau badan tidak melihat jenis kelamin dan usia. Tapi memang, ada beberapa kondisi yang memiliki risiko besar mengalami bau badan berlebih. Seperti ketika mencapai pubertas, kegemukan badan, dan orang yang sering berolahraga tanpa menjaga kebersihan badannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway