Kamu Perlu Tahu, Ini Asal Usul Nama Kota Palembang

Kamu Perlu Tahu, Ini Asal Usul Nama Kota Palembang

Jembatan Ampera yang menghubungkan kawasan hulu dan hilir Kota Palembang.--dok:sumeks.co--

BACA JUGA:Rumah Kito by WA akan Gelar Nobar Piala Dunia, Pastikan Kenyamanan dan Bertabur Promo Menarik

Pusat pertumbuhan dari sebuah Polity adalah entreport yang menghasilkan tambahan bagi kekayaan dan kontak-kontak kebudayaan. Hasil ini merupakan basis untuk penggunaan kekuatan ekonomi dan penguasaan politik di Asia Tenggara.

Catatan pelaut-pelaut Cina, lebih realistis tentang Kota Palembang. Dimana mereka melihat bagaimana kehidupan penduduk kota yang hidup diatas rakit tanpa dipungut pajak.

Sedangkan bagi pemimpin hidup berumah ditanah kering diatas rumah yang bertiang. Mereka mengeja nama Palembang sesuai dengan lidah dan aksara mereka. 

Palembang disebut atau diucapkan mereka sebagai Po-lin-fong atau Ku-kang (berarti pelabuhan lama).

BACA JUGA:Warga Suku Anak Dalam di Batanghari Tewas Ditembak di Area PT APL, Begini Kronologinya 

BACA JUGA:Lepas Kontingen PWI Provinsi Jambi untuk Porwanas XIII di Malang, Ini Pesan Gubernur Jambi

Setelah mengalami kejayaan diabad-abad ke-7 dan 9, maka dikurun abad ke-12 Sriwijaya mengalami keruntuhan secara perlahan-lahan. 

Hal itu baik karena persaingan dengan kerajaan di Jawa, pertempuran dengan kerajaan Cola dari India dan terakhir kejatuhan ini tak terelakkan setelah bangkitnya kerajaan-kerajaan Islam di nusantara. 

Kerajaan Islam yang tadinya merupakan bagian kecil dari Kerajaan Sriwijaya, berkembang menjadi kerajaan besar seperti yang ada di Aceh dan Semenanjung Malaysia.*

Artikel ini juga tayang di Sumeks.co dengan judul Asal Usul Nama Kota Palembang Bisa Ditemukan di Prasasti Kedukan Bukit

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: