Rupiah Hari Ini Ambyar, Sinya The Fed Bikin Investor Ketar Ketir

Rupiah Hari Ini Ambyar, Sinya The Fed Bikin Investor Ketar Ketir

Kurs rupiah terhadap USD yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore, melemah-Ilustrasi: Ricardo-JPNN.com

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID -Senin sore, 31 November 2022  kurs rupiah terhadap USD yang ditransaksikan antarbank di Jakarta melemah.

Dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 15.554 per USD, rupiah hari ini ditutup melemah 44 poin atau 0,28 persen ke posisi Rp 15.598 per USD 

Data pada akhir pekan lalu, menunjukkan belanja konsumen AS naik lebih kuat dari yang diperkirakan pada September, sementara tekanan inflasi yang mendasari terus menggelembung.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi menyebutkan investor menunggu pengumuman hasil rapat bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve (The Fed) seperti dikutip dari JPNN.com

BACA JUGA:BREAKING NEWS: PKL di PT SGS, Siswa SMKN 1 Muaro Jambi Terjepit Mesin Hot Press

BACA JUGA:Pendaftaran 522.224 Formasi PPPK Resmi Dibuka Hari Ini, Begini Cara Mendaftar di Link SSCASN dan Syaratnya


"Pelaku pasar mengantisipasi kenaikan suku bunga setidaknya 75 basis poin oleh The Federal Reserve pada Rabu nanti," kata Ibrahim dalam ulasannya di Jakarta, Senin 31 Oktober 2022.

The Fed diperkirakan akan memberikan kenaikan suku bunga 75 basis poin (bps) setelah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) minggu ini, ketika pembuat kebijakan mengumumkan keputusan mereka pada Rabu 2 November 2022 mendatang.

"Pelaku pasar juga bertaruh bahwa tanda-tanda dari beberapa tekanan inflasi yang berkurang akan mendorong The Fed untuk melunakkan sikap hawkish-nya dalam beberapa bulan mendatang," ujar Ibrahim.

Di sisi lain, rupiah hari ini dipengaruhi oleh faktor dalam negeri, pelaku pasar juga menanti data inflasi Oktober 2022 yang akan dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Selasa 1 November 2022 besok.

BACA JUGA:Mutasi Pertama Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, Sejumlah Kapolsek Diganti

BACA JUGA:Sidak Satpas Polresta Jambi, Kapolda Jambi: Jangan Ada Pungli


Rupiah pada pagi hari dibuka melemah ke posisi Rp 15.569 per USD. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp 15.567 per USD hingga Rp 15.611 per USD. *

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com