Solusi Angkutan Batu Bara, Pindahkan Pelabuhan ke Sabak! (1)

Solusi Angkutan Batu Bara, Pindahkan Pelabuhan ke Sabak! (1)

Noviardi Ferzi--

Noviardi Ferzi

Oleh : Dr Noviardi Ferzi

 

Hari ini pelabuhan di Talang Duku menjadi episentrum kemacetan angkutan Batu Bara. Volume angkutan tak sebanding lagi dengan kapasitas pelabuhan. 

Akibatnya, pelabuhan itu kurang mampu memberi pelayanan bongkar muat secara cepat. Lambatnya bongkar muat inilah yang menimbulkan kemacetan di kawasan Talang duku dan sekitarnya.

Selain itu, masalah luas lahan pelabuhan juga tak sebanding dengan volume angkutan batu Bara. Kondisi ini membuat pelabuhan batu bara di sana tak layak dipertahankan.

Sehingga jika bicara solusi kemacetan batu bara, harus kita mulai dari sisi hilirnya yaitu pelabuhan Talang Duku.

BACA JUGA:Sidang Ferdy Sambo Hanya Boleh Dihadiri 50 Orang, Disiarkan di Televisi

BACA JUGA:Resmi Mengaspal, Toyota Vios Terbaru Harga Dimulai Rp 314 Juta

Tulisan ini bagian pertama yang membahas masalah angkutan batu bara dari sisi hilir, bagian ke dua tulisan ini nanti akan membahas masalah angkutan dari sisi manajemen, dan ketiga akan melihat masalah angkutan dari sisi hulu di tambang.

Pelabuhan batu bara di Talang Duku tak didukung instrumen kelayakan yang baik untuk mempercepat bongkar muat menghindari kemacetan, semisal pintu masuk luas, dilengkapi kantong parkir, lampu penerangan, infrastruktur jalan yang memadai, tenaga kerja didukung peralatan kerja yang memadai, dan tentunya tata kelola yang baik serta selalu mengutamakan keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja.

Pelabuhan belum memenuhi standar itu fakta, pelabuhan tak memiliki lahan mencukupi itu juga fakta. Secara operasional jangka pendek perlu pembenahan.  Hari ini, Pelabuhan Talang Duku sudah tidak layak dipertahankan karena berada di wilayah antara Kota Jambi dan Muaro Jambi.

Soal pelabuhan bongkar muat batu bara di kawasan Talang Duku kurang standar, disampaikan Kapolda Jambi setelah jajarannya menggelar rapat koordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).

BACA JUGA:Ajak Perempuan Percantik Diri, Srikandi Ganjar Jambi Gelar Beauty Class

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: