Sering Merasa Cepat Lapar? Simak 7 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sering Merasa Cepat Lapar? Simak 7 Penyebab dan Cara Mengatasinya

ilustrasi -pixabay-pixabay.com

Beberapa penyebab cepat lapar lainnya dijelaskan di bawah ini.

1. Anda cepat lapar karena dehidrasi
Rasa haus dan lapar terkadang sulit dibedakan. Sering kali rasa haus disalahartikan menjadi rasa lapar. Sehingga bukannya mencari air, Anda malah mencari makanan.

“Padahal tubuh Anda hanya butuh cairan,” kata Alissa Rumsey, RD, juru bicara American Academy of Nutrition and Dietetics.

BACA JUGA:Putri Candrawathi Resmi Ditahan di Rutan Mabes Polri

BACA JUGA:Lakukan Merger, Operasional Pelindo Semakin Mudah

Menurut Alissa, terjadi kebingungan pada hipotalamus (bagian otak yang mengatur nafsu makan dan haus). Untuk mencegah kebingungan ini pastikan asupan cairan Anda terpenuhi.

Jika Anda merasa lapar dan belum banyak minum hari itu, cobalah minum segelas air dan tunggu 15 – 20 menit untuk melihat apakah kelaparanlah yang benar-benar Anda rasakan.

2. Anda kurang tidur
Kurang tidur dapat menyebabkan lonjakan kadar ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan, serta penurunan kadar leptin, hormon yang menyebabkan perasaan kenyang, begitu kata Rumsey.

Tidur yang sedikit membuat Anda cenderung merasa lelah ketika bangun. Akibatnya, sistem pada tubuh Anda yang sangat membutuhkan energi, memicu hasrat untuk mengonsumsi gula.

BACA JUGA:Rizky Billar Diduga Selingkuh dengan Artis Devina Kirana

BACA JUGA:Najwa Shihab Kritik Polisi, Akun Medsos Awak Narasi TV Diretas, Mabes Polri Bilang Begini

3. Terlalu banyak karbohidrat
Karbohidrat seperti nasi, pasta, kue kering, biskuit, dan mie meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, lalu terjun bebas (drop) dengan cepat pula. Penurunan kadar gula darah inilah yang menyebabkan Anda merasa lapar.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hellosehat.com