Cara Mengobati Luka Kena Knalpot Panas

Cara Mengobati Luka Kena Knalpot Panas

Ilustrasi luka -Pixabay -Pixabay.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Anda atau anggota keluarga di rumah baru saja kena musibah. Musibah di sini adalah kulit kaki melepuh akibat terkena knalpot motor.

Pada kasus kulit kaki kena knalpot panas, apa yang harusnya Anda lakukan, merawatnya secara mandiri atau pergi ke dokter.

“Untuk penanganan luka bakar harus sesuai dengan indikasi keparahan atau derajat luka dan luas luka. Penilaian ini hanya bisa dilakukan oleh dokter,” kata dr. Riza Marlina seperti dikutip dari Alodokter.

Menurut ahli, hal ini akan sangat tergantung dari tingkat keparahan luka pada kulit yang tersenggol knalpot panas.

BACA JUGA:Siapa Membunuh Putri (27) - Pelacuran 

BACA JUGA:Formasi PPPK 2022 di Bungo akan Dibuka, Simak Penjelasannya

Jika luka bakar akibat kena knalpot bersifat ringan, kata dr. Riza Marlina, maka kondisi ini bisa diatasi dirumah dengan melakukan pertama-tama membasuh luka dengan air mengalir selama 15 menit.

dr. Riza Marlina juga melarang Anda mengoleskan apapun pada luka bakar kena knalpot panas, mau itu minyak, odol, tepung dan lainnya, kecuali salep luka bakar.

“Setelah luka sudah di basuh dengan air mengalir anda bisa keringkan luka bakar, lalu oleskan salep luka bakar yang bisa anda beli bebas di apotik”.

“Anda bisa oleskan 2 kali sehari pastikan sebelum Anda mengoleskan salep, usahakan tangan Anda bersih, cuci dulu dengan air mengalir dan menggunakan sabun,” tambahnya menyarankan.

BACA JUGA:Pemkab Bungo akan Buka 186 Formasi untuk Guru PPPK 

BACA JUGA:Minta Maaf, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Akui Skenario Pembunuhan Brigadir J

Akan tetapi pada kasus parah, Anda tidak disarankan mengatasi luka bakar kena knalpot panas ini sendirian.

“Jika luka bakar luas adanya gelembung cairan yang besar, serta adanya tanda-tanda infeksi pada luka bakar seperti bengkak, nyeri, dan keluarnya cairan maka segera temui dokter terdekat untuk mendapatkan penangnan yang lebih tepat,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: