Ampuh Banget untuk Atasi Penyakit, Ini 5 Manfaat Kunyit yang Harus Diketahui

Ampuh Banget untuk Atasi Penyakit, Ini 5 Manfaat Kunyit yang Harus Diketahui

Kunyit-pixabay-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur atau rempah yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Hal tersebut dikarenakan, kunyit memiliki banyak kandungan zat gizi dan senyawa aktif, seperti: karbohidrat; protein; lemak; serat; kurkumin; minyak atsiri; tanin; pati; potasium; zat besi, dan vitamin C.

Kandungan tersebut membuat kunyit bersifat antioksidan, antiinflamasi, antikoagulan, antimikroba, hingga antihepatotoksik yang bermanfaat untuk kesehatan.

Rempah yang memiliki nama ilmiah Curcuma domestica ini ampuh digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

BACA JUGA:Pendidikan Kering 

BACA JUGA:Siapa Membunuh Putri (24) - Tawaran Seratus Juta

Berikut 5 manfaat kunyit untuk kesehatan.

1. Meredakan Nyeri Haid

Sebagian besar wanita meyakini, bahwa jamu kunyit asam dapat membantu meredakan nyeri haid (PMS).

Kandungan kurkumin kunyit memiliki khasiat pereda nyeri alami (analgesik) yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram.

Selain itu, kurkumin juga mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, hormon yang menciptakan rasa sakit dan peradangan.

Sementara itu, manfaat kunyit ini makin diperkuat oleh efek antioksidan tanin, saponin, sesquiterpenes, dan alkaloid, dari asam jawa yang menenangkan kontraksi rahim.

BACA JUGA:Rupiah Hari Ini Makin Parah, Sulit Turun dari Rp 15 Ribu 

BACA JUGA:Polri Pastikan Ledakan di Asrama Polisi Bukan Ulah Teroris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: genpi.co