Longsor di Kerinci, Satu Orang Penghuni Rumah Tewas

Longsor di Kerinci, Satu Orang Penghuni Rumah Tewas

Warga yang melakukan evakuasi secara manual, usai longsor yang terjadi di Kabupaten Kerinci.-Istimewa-

KERINCI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Diguyur hujan lebat sejak siang di wilayah hulu KERINCI, mengakibatkan longsor di Desa Bedeng Dua, Kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten KERINCI, Rabu 14 September 2022.

Informasi yang diterima, bahwa satu rumah rusak berat. Kemudian satu bedeng rusak sedang. Tak hanya itu, dua orang pemilik rumah tertimbun longsor. 

Salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya membenarkan adanya longsor di bedeng dua. "Ada longsor sekitar pukul 16.30 sore setelah hujan lebat mengguyur Kayu Aro dan sekitarnya," kata pria ini kemarin.

Kemudian Dedi, warga bedeng dua dikonfirmasi mengatakan, ada satu rumah rusak berat. Ini karena rumah ini berada di atas tebing.

BACA JUGA:Menko Airlannga: Sinergi Pusat dan Daerah Diperkuat untuk Kendalikan Inflasi Nasional

BACA JUGA:Warga Jambi Waspada, Cuaca Tak Menentu, Penyakit Flu dan Batuk Mengintai

Longsor ini membuat rumah tersebut jatuh, dan menimpa dapur rumah di bawahnya. "Pemilik rumah seorang janda selamat dan satu orang siswa kelas X SMK 1 Kayu Aro yang kos di rumah korban ditemukan meninggal, jenazah ditemukan sebelum isya atau sekitar pukul 19.30 wib malam," terangnya. 

Dijelaskan Dedi, hujan terjadi sangat lebat sehingga membuat terjadinya longsor. Untuk pencarian korban masyarakat dibantu petugas dari BPBD.

Mereka melakukan pencarian dengan cara manual, yakni dengan cangkul.

Pasalnya, jalan menuju lokasi sempit sehingga alat berat tidak bisa masuk ke lokasi longsor. Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci, Darifus mengatakan, longsor terjadi setelah salat ashar sekitar pukul 16.30. 

BACA JUGA: Bertemu Pengurus PWI Provinsi Jambi, Kajati Jambi Harap Bersinergi

BACA JUGA:Pembangunan SMAN 12 Dipastikan Molor, Anggota DPRD Provinsi Jambi Budiyako Kasih Target

"Setelah mendapatkan informasi maka petugas langsung turun kelokasi melakukan pencarian dua warga," jelasnya. Lanjutnya, informasi yang diterimanya bahwa  kejadian longsor di Desa Bedeng Dua.

"Dua orang korban yang sempat tertimbun longsor sudah ditemukan, satu meninggal dunia dan satu selamat, korban meninggal tertimbun  atas nama Juli (15) dan satu  orang ditemukan selamat atas nama Narli  (60) dalam kondisi luka-luka,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: