Hadapi Tekanan Inflasi, Wali Kota Jambi Syarif Fasha Siapkan Rencana Kontingensi

Hadapi Tekanan Inflasi, Wali Kota Jambi Syarif Fasha Siapkan Rencana Kontingensi

BAGIKAN: Tampak Walikota Fasha saat membagikan beberapa jenis sayuran ke ibu rumah tangga untuk dikonsumsi-dok/jambi-independent-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Provinsi Jambi didera inflasi tertinggi pada Agustus lalu. Provinsi Jambi menempati posisi tertinggi dengan inflasi diangka 8,55% (yoy), disusul Provinsi Sumatera Barat diangka 8,01% (yoy), Provinsi Bangka Belitung diangka 7,77% (yoy), Provinsi Riau diangka 7, 04% (yoy) dan Provinsi Aceh diangka 6, 97% (yoy) Beberapa komoditas pangan Volatile Foods (VF), seperti cabai dan bawang menjadi penyumbang terbesar inflasi di Provinsi Jambi, selain beberapa komoditas lainnya, juga berpengaruh terhadap inflasi di Provinsi Jambi.

Merespon hal tersebut, Pemerintah Kota Jambi bergerak cepat untuk mengidentifikasi sumber permasalahan.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha pun telah menyusun rencana kontingensi secara bertahap untuk menyelesaikan masalah inflasi di Kota Jambi.  

Sebagai langkah awal, Fasha memerintahkan jajaran Pemkot Jambi untuk melaksanakan High Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), yang menghasilkan beberapa kebijakan strategis dan pembentukan satuan tugas khusus, Tim Percepatan Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) Kota Jambi yang memiliki konsentrasi tugas yang lebih fokus untuk mengatasi beberapa aspek di bidang Yustisi/Penindakan Hukum, bidang pemantauan Supply dan Demand, serta bidang khusus Mitigasi Dampak.

BACA JUGA:Ini Cara Cek dan Syarat Penerima BSU Perdana Cair Senin Besok 

BACA JUGA:Makna Penyalaan Obor Tri Prasetya di HUT RRI ke-77

Tim Percepatan TPID Kota Jambi telah melaksanakan beberapa langkah strategis seperti mengidentifikasi sumber tekanan inflasi di Kota Jambi dengan membangun kerjasama bersama stakeholder terkait.

Tim Percepatan TPID Kota Jambi telah melaksanakan kegiatan bersama pemantauan dan pengawasan pasokan Volatile Foods (VF), terutama cabai dan bawang di Pasar Induk Talang Gulo, Pasar Angso Duo dan pasar tradisional maupun modern lainnya di Kota Jambi.

Pemkot Jambi telah melakukan operasi pasar bersama TPID dan BULOG untuk beberapa komoditi yang tersedia di Gudang BULOG.

Pemkot Jambi juga telah melaksanakan strategi penjualan kebutuhan pokok (produk Bulog Jambi) melalui Toko TPID Kota Jambi yang berada di Pasar Talang Banjar. 

BACA JUGA:Setelah Jokowi, Kini Hacker Ganggu Data Pribadi Menkominfo 

BACA JUGA:Warga Kumpeh Keluhkan Jalan Talang Pudak-Suak Kandis -Jambi Rusak Parah

Tidak hanya itu, Pemkot Jambi telah memfasilitasi tempat bongkar muat dan penyimpanan sementara pasokan pangan dari luar daerah, bertempat di Pasar Induk Talang Gulo, sebelum didistribusikan kesejumlah pasar dalam wilayah Kota Jambi.

Sebelumnya, TPID Kota Jambi telah berkoordinasi dengan para distributor untuk memproritaskan kebutuhan pangan bagi wilayah Kota Jambi, sebelum disitribusikan kedaerah lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: