Berhasil Hadapi Era Disrupsi, PLN Sabet Penghargaan Indonesia Best Business Transformation

Berhasil Hadapi Era Disrupsi, PLN Sabet Penghargaan Indonesia Best Business Transformation

PLN Raih Penghargaan Indonesia Best Business Transformation--

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - PT PLN (Persero) menjadi salah satu perusahaan dengan transformasi bisnis terbaik di Indonesia. Adaptasi dan inovasi PLN dalam menghadapai perubahan lingkungan bisnis akibat berbagai disrupsi seperti perkembangan teknologi, konflik global, dan pandemi covid-19 membuat PLN menyabet penghargaan  Indonesia Best Business Transformation Award 2022 dari SWA Media. Pada Kamis 1 September 2022.

Group Chief Editor SWA Media Kemal E. Gani memaparkan bahwa, berdasarkan survei, transformasi digital dapat memperbaiki tingkat efisiensi operasional sebesar 40 persen, mempercepat waktu distribusi sebesar 36 persen, dan kemampuan memenuhi ekspektasi customer sebesar 35 persen. Sebab itu ia tidak heran melihat transformasi bisnis yang mampu meningkatkan pendapatan perusahaan secara signifikan.

“Kami berharap banyak perusahaan yang dapat belajar dari PLN yang berdasarkan penilaian dewan juri mendapat predikat Indonesia Best Business Transformation. Transformasi sebenarnya merupakan journey yang harus dijalankan supaya bisinis dapat terus relevan dengan perkembangan dan kondisi yang terus berubah,” jelas Kemal.

Dirinya juga menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas pencapaian yang diperoleh oleh PLN. “Kami dari SWA Media mengucapkan selamat kepada PLN atas langkah-langkah transformasi yng sudah dijalankan sehingga dapat meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada customer. Semoga keberhasilan ini dapat memacu PLN untuk terus memberikan yng terbaik kepada masyarakat di Indonesia,” ucap Kemal.

BACA JUGA:Siswa SMKN 5 Kota Jambi Dikeroyok, Orang Tua Korban Minta Polisi Segera Tangkap Pelaku

BACA JUGA:Kecelakaan Truk Batu Bara di Tempino, Dewan Minta Percepat Pembangunan Jalan Khusus

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan bahwa pelayanan konsumen adalah salah satu aspirasi utama dalam transformasi PLN. Melaui PLN Mobile perusahaannya membangun ekosistem pelayanan terintegrasi yang menyambungkan pelanggan, petugas di lapangan, dan kantor pusat PLN. Sehingga proses pelayanan listrik di PLN menjadi cepat dan prosesnya termonitor secara real time.

“Dalam transformasi  ini ada program digitalisasi. Ini adalah perubahan cara pikir, cara kerja, dan proses bisnis. Manajemen pelayanan yang tadinya berbelit, sulit, dan panjang kita rombak dengan membangun platform digital sehingga prosesnya menjadi lebih singkat, cepat mudah,” ujar Darmawan.

Ia melanjutkan bahwa transformasi bisnis, PLN berpegang 4 aspirasi penting, yakni Green, Lean, Innovative, dan Customer Focus. Di mana masing-masing adalah upaya PLN untuk beralih dari energi fosil ke energi terbarukan (EBT), efisiensi biaya produksi, mendorong pertumbuhan bisnis model yang inovatif, yang tujuan akhirnya memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan. Hasilnya, di tahun 2021 PLN mampu mencatatkan laporan keuangan terbaik dalam sejarah PLN.   

“Di sini kami membangun struktur roadmap nya seperti apa dan itu kami jaga terus. Sehingga kami bisa melakukan penghematan dan membukukan keuangan yang baik," ujar Darmawan.

BACA JUGA:Warga Jambi, Hati-hati ke Palembang, Mulai 5 September Ada Proyek Tol Palembang-Betung di Kabupaten Banyuasin

BACA JUGA:Brigadir J Diduga Dibunuh Karena Pergoki Kuat Ma'ruf Gendong Putri Candrawathi, Ferdy Sambo 'Dipanas-panasi'?

Ia merinci untuk Lean, PLN mampu mengurangi cost sebesar Rp 23,87 Triliun. Sedangkan dampak dari Innovative  perusahaan mendapatkan revenue sebesar Rp 23,69 Triliun. Pada sisi Green PLN melakukan implementasi co-firing pada 32 pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dan penambahan kapasitas pembangkit EBT mencapai 718,3 Megawatt, serta Customer Focus dengan mengurangi response time atas keluhan pelanggan dari 56,1 menit menjadi 23,75 menit dan saat ini ada pengunduh aplikasi PLN Mobile mencapai 26,4 juta dengan rating 4,8.

Darmawan melanjutkan bahwa dalam proses transformasi PLN ada perubahan tata kelola, struktur, skillset, hingga core kompetensi demi membuat PLN menjadi perusahaan yang forward looking. “Basisnya adalah transformasi, yang mengakomodasinya adalah digitalisasi,” lanjut Darmawan.

“Terima kasih atas penghargaan yang luar biasa ini. Kami tidak mengira akan mendapatkan penghargaan seperti ini, dibalik transformasi PLN ada perjuangan dari seluruh tim PLN. Tentu saja kami berkomitmen agar kami bisa meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan kami yang kebetulan adalah seluruh rakyat Indonesia. Tentu saja program transformasi yang sudah berjalan akan kami teruskan, ini komitmen dari seluruh insan PLN,” tutup Darmawan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: