Harga Emas Turun Tajam, Keuntungan 3 Hari Anjlok 

Harga Emas Turun Tajam, Keuntungan 3 Hari Anjlok 

Harga emas anjlok tajam setelah 3 hari naik tajam-Ilustrasi Ricardo-Jpnn.com

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pasca pidato Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell menunjukkan pengetatan agresif untuk mengendalikan inflasi tinggi, mengakibatkan harga emas turun tajam pada akhir perdagangan Jumat atau Sabtu pagi WIB, 27 Agustus 2022. 

Harga emas berjangka terangkat USD 9,90 atau 0,56 persen menjadi USD 1.771,40 pada Kamis (25/8), setelah terkerek 30 sen atau 0,02 persen menjadi USD 1.761,50 pada Rabu 24 Agustus 2022.

Ambruknya harga emas hari ini menghentikan kenaikan tiga hari beruntun.

Investasi safe heaven pun bertengger di bawah level psikologis USD 1.750 per ounce.

BACA JUGA:Dosen Unja yang Jadi Korban Kecelakaan di Simpang Rimbo, Sempat Terseret Tronton

BACA JUGA:Korban Kecelakaan di Simpang Rimbo Ternyata Dosen Unja, Begini Kronologinya

Kontrak harga emas paling aktif untuk pengiriman Desember di Divisi Comex New York Exchange, anjlok USD 21,60 atau 1,22 persen, menjadi ditutup pada USD 1.749,80 dolar AS per ounce. Untuk minggu ini, kontrak emas Desember merosot USD 0,70 persen.

Jerome Powell mengindikasikan bakal memerangi inflasi sampai pada tingkat yang baik.

Hal itu disampaikan Powell saat berbicara di Simposium Tahunan Bank Sentral Jackson Hole pada Jumat 26 Agustus 2022.

Dia juga mengatakan bahwa mengurangi inflasi kemungkinan akan membutuhkan periode pertumbuhan di bawah tren yang berkelanjutan, menyebabkan rasa sakit bagi bisnis dan individu di masa depan seperti dikutip dari JPNN.com

BACA JUGA:Dump Truk Pengangkut Roti Terguling di Perbatasan Semerap-Tanjung Pauh Hilir Kerinci

BACA JUGA:Korban Kecelakaan di Simpang Rimbo Ternyata Dosen Unja, Begini Kronologinya

Powell mengatakan para pembuat kebijakan di Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) memiliki "fokus menyeluruh" untuk membawa inflasi kembali ke target tahunan bank sentral 2,0 persen. “Kami mengambil langkah tegas dan cepat untuk memoderasi permintaan agar lebih selaras dengan pasokan, dan untuk menjaga ekspektasi inflasi tetap terkendali. Kami akan terus melakukannya sampai kami yakin pekerjaan selesai,” kata Powell.

Pidato Powell mendorong USD menguat, dengan indeks yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,31 persen menjadi 108,8060 yang meredam daya tarik emas.

Data ekonomi yang dirilis pada Jumat 26 Agustus 2022 juga menekan emas.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Kecelakaan di Simpang Rimbo, 1 Orang Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

BACA JUGA:Terbaru..! Putri Candrawathi Mengaku Brigadir J Melucuti Pakaiannya dan Lakukan Kontak Fisik

Sebab, Departemen Perdagangan AS melaporkan bahwa Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) AS, barometer lain yang digunakan Federal Reserve untuk target inflasinya, turun 0,1 persen pada Juli dari bulan sebelumnya, angka negatif pertama sejak dimulainya pandemi.

Di sisi lain, Indeks Sentimen Konsumen yang dirilis oleh Survei Konsumen Universitas Michigan naik menjadi 58,2 dalam survei Agustus 2022, dari 51,5 pada Juli. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com