Selain Mendagri, Jaksa Agung dan Ketua Mahkamah Agung Juga Bakal Terima Gelar Adat di Jambi

Selain Mendagri, Jaksa Agung dan Ketua Mahkamah Agung Juga Bakal Terima Gelar Adat di Jambi

Jaksa Agung, ST Burhandin--

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Lembaga Adat Melayu (LAM) JAMBI dijadwalkan memberikan gelar adat kepada tiga orang petinggi negara.

Selain kepada Mendagri Tito Karnavian, LAM juga dijadwalkan memberikan gelar adat kepada
Ketua Mahkamah Agung dan Jaksa Agung.

Pemberian gelar adat tersebut akan dilakukan pada Sabtu 27 Agustus 2022 mendatang bertempat di Balairung Lembaga Adat Melayu JAMBI Telanaipura.

Ketua LAM JAMBI Hasan Basri Agus (HBA) mengatakan ada tiga oejabat negara yang akan di berikan gelar adat yang pertama Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin, Jaksa Agung Burhanudin dan Mendagri Tito Karnavian.

BACA JUGA:11 Bos Timah Hanya Divonis 1 Bulan Penjara, Terbukti Bersalah Kasus Judi, Sidang 19 Menit

BACA JUGA:Cara Mengolah Kacang Hijau Biar Bermanfaat untuk Penderita Asam Lambung

"Pemberian Gelar adat itu merupakan program LAM Jambi setiap tahun, dan harus memberi gelar adat kepada pejabat negara. Utama yang berjasa dengan Jambi," kata HBA.

Selain itu, LAM jambi juga pernah memeberi gelar adat kepada pejabat negara, Seperti memberi gelar adat kepada Pak presiden Soekarno, memberikan gelar kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan sekarang gantian pejabat pejabat lainnya.

"Untuk nama gelarnya belum diumumkan itu nanti pada saat pemberian gelar baru diumumkan nama gelarnya," tambahnya.

HBA beralasan ketiga pejabat negara itu yang diberikan gelar adat pernah tinggal di Jambi atau yang telah berkontribusi untuk Jambi.

BACA JUGA:Gara-Gara Hasil Buruk, Barito Putera Pecat Pelatih Dejan Antonic

BACA JUGA:Oknum Brimob Bentak Wartawan saat Sidang Etik Ferdy Sambo, Mabes Polri Sampaikan Permohonan Maaf

Seperti, Jaksa Agung menjadi ASN di Jambi dan telah mengabdi sudah belasan tahun di Jambi. Dan untuk Ketua Mahkamah Agung permah bertugas di Kabupaten Batanghari tepatmya di Muara Bulian menjadi wakil ketua Pengadilan negeri muara bulian.

Sedangkan untuk Mendagri semenjak menjabat sebagai Mendagri telah berkali kali mengunjungi Jambi dan dan Mendagri sampai ada pendekatan emosional dengan Jambi.

"Itulah alasan-alasan yang baik dan ini bukan hanya usulan dari LAM Jambi saja tapi ini adalah usulan dari LAM kabupaten Kota di Jambi," tutupnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: