Aktifitas PETI di Batang Masumai Merangin Menggila, 9 Alat Berat Berat Bebas Beroperasi

Aktifitas PETI di Batang Masumai Merangin Menggila, 9 Alat Berat Berat Bebas Beroperasi

PETI di Merangin -Ist/jambi-independent -

Bangko, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Aktifitas Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) yang mengunakan alat berat di wilayah Desa Pulau Baru, Kecamatan Batang Masumai, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi terus saja beroperasi.

Bahkan aktifitas PETI di Merangin ini bebas beroperasi karena diduga adanya bekingan oleh sejumlah oknum. Tak ayal aktifitas ilegal menggunakan alat berat tersebut dengan leluasa beroperasi.

Bahkan dari informasi yang berhasil dihimpun Jambi Independent, tercatat sedikitnya ada 9 alat berat yang leluasa beroperasi di wilayah tersebut.

Dari pengakuan salah satu sumber terpercaya menyebutkan, jika pelaku PETI di Merangin yang beroprasi di wilayah tersebut dipunggut uang oleh semjumlah oknum, kemudian uang tersebut diduga gunakan untuk digunakan untuk menyetor ke bekingan, supaya kegiatan PETI di wilayah Desa Pulau Baru tersebut tidak mencuat. 

BACA JUGA:Komisi IX DPRD RI Kampaye Percepatan Turun Stunting Bersama BKKBN

BACA JUGA:Aktivitas PETI di Batang Masumai Merangin Menggila, Ada Setoran Khusus untuk Hal Ini

"Satu alat dipungut Rp3 juta bang, uang tersebut untuk apa kami juga kurang paham bang, jelas yang kerja aman bang. Ini sudah lama beraktifitas," ujar salah satu sumber yang enggan disebutkan namanya, saat dikonfirmasi Jumat 5 Agustus 2022.

Lanjutnya, untuk pungutan para pekerja dilakukan setiap bulan. Pungutan tersebut dikoordinir oleh salah satu pekerja PETI yang ada di wilayah Pulau Baru. 

"Kami setor setiap bulan kepada salah satu pekerja PETI yang bekerja di lokasi yang sama," ungkapnya. 

Terkait aktifitas PETI yang ada di wilayah Desa Pulau Baru tersebut, Camat Batang Masumai, Jayak saat dikonfirmasi juga membenarkan adanya aktifitas PETI di wilayah Desa Pulau Baru tersebut, namun kegiatan ilegal tersebut bukan semuanya ada di wilayah tersebut. 

BACA JUGA:Ketahuan Saat Beraksi, Pelaku Curanmor di Mendalo Babak Belur Dihajar Warga 

BACA JUGA:Tetap Romantis Kepada Istri Meski Hotman Paris Dikelilingi Aspri Cantik

"Tidak semuanya di pulau baru, kami dari kecamatan sudah membentuk pokdarling, bahkan pihak kita bersama masyarakat akan melakukan pencegahan dan pengendalian aktifitas PETI tersebut, bahkan dalam waktu dekat ini pihak kita akan membuat Perdes untuk aktifitas PETI tersebut," singkatnya.(min)

Sumber: