Bangun Literasi Masyarakat Lewat Transformasi Perpustakaan, Perpusnas Gelar SHM di Kota Jambi

Bangun Literasi Masyarakat Lewat Transformasi Perpustakaan, Perpusnas Gelar SHM di Kota Jambi

Foto bersama usai kegiatan SHM Provinsi, yang digelar Perpusnas di Kota Jambi, Kamis 4 Agustus 2022.--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID — Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) sebagai pembina untuk semua jenis perpustakaan dengan dukungan dari Bappenas, pada tahun 2018, telah melaksanakan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. 

Program ini bertujuan untuk meningkatkan Kualitas Layanan Perpustakaan, meningkatkan Penggunaan Layanan oleh Masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan membangun komitmen dan dukungan stakeholder untuk transformasi perpustakaan yang berkelanjutan.

Tujuannya agar dapat terciptanya masyarakat sejahtera melalui transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Sejak tahun 2020 lalu, Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial telah menjadi program prioritas nasional dan dimasukkan dalam RPJMN 2020 – 2024.

Kegiatan Stakeholder Meeting (SHM) Provinsi ini adalah kegiatan mempertemukan para pemangku kepentingan (stakeholder) untuk dapat berkolaborasi atau bersinergi dalam membangun literasi masyarakat. 

BACA JUGA:Mantap, Pemprov Jambi Tetapkan Harga TBS Sawit Rp2.016 Per Kilogram

BACA JUGA:Sempat Terseret 30 Meter, Begini Kronologis Laka Maut di Paritculum Tanjab Timur Pagi Tadi

Kolaborasi dan sinergi yang bisa dilakukan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan mendorong tugas pokok dan fungsi ataupun tujuan dari setiap stakeholder. 

Kolaborasi yang bisa diberikan dapat berupa kerjasama program, sumber daya manusia, barang dan material. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari siklus tahunan pelaksanaan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. 

Pada tahun 2022 ini, SHM Provinsi dilaksanakan di 33 provinsi secara tatap muka, dibagi dalam 5 gelombang dimana setiap gelombang dilaksanakan di 6 – 7 provinsi.

Salah satunya diadakan di Kota Jambi, Kamis 4 Agustus 2022. 

BACA JUGA:Ratusan Warga Sumber Jaya Demo di Kantor BPN Muaro Jambi

BACA JUGA:Datangi Bareskrim Polri, Ferdy Sambo Ngaku Sudah 4 Kali Diperiksa, Ini Pernyataan Lengkapnya

Pembukaan kegiatan SHM di Jambi ini, dibuka oleh Subeti Makdriani, Pustakawan Ahli Utama. Hadir juga Kadis Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jambi, Syamsul Rizal, yang juga menutup kegiatan ini.

Dalam kesempatan itu, Subeti mengatakan tujuan dari SHM Provinsi adalah untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi stakeholder dalam membangun literasi masyarakat melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: