Wilayah Jambi Diguyur Hujan Lebat, Ini Penjelasan BMKG

Wilayah Jambi Diguyur Hujan Lebat, Ini Penjelasan BMKG

BMKG--

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID- Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Sultan Thaha Jambi menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang sedang melanda wilayah Jambi.

"Beberapa hari terakhir hingga tiga hari kedepan ini cuaca masih berpotensi hujan, dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada siang atau sore, malam dan dini hari," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun BMKG Sultan Thaha Jambi, Anisa Fauziah pada Rabu, 3 Agustus 2022.

Anisa menjelaskan bahwa hujan yang terjadi diakibatkan karena masih menghangatnya suhu muka laut di wilayah Perairan sekitar Sumatera akibat fenomena lanina lemah dan IOD (Indian Ocean Dipole) negatif.

"Ditambah lagi dengan adanya konvergensi dan belokan angin di wilayah Sumatera yang mengakibatkan terbentuknya pumpunan awan hujan," tambahnya.

BACA JUGA:Waduh, Harga Pertamax Turbo Cs Naik Lagi, Harganya Buat Geleng Kepala

BACA JUGA:Bantu Warga Pra Sejahtera, RT 10 Kelurahan Rawasari Bentuk Program Tabungan Beras dan Dana Darurat

Ditambahkan Anisa, kondisi ini masih akan berlangsung hingga akhir pekan ini.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang sewaktu waktu dapat terjadi serta dampak yang dapat ditimbulkan seperti genangan, banjir, pohon tumbang, tanah longsor dan angin kencang," tutupnya.

Seperti diketahui, beberapa hari ini Kota Jambi diguyur hujan dengan intensitas yang cukup lama. (dra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: